Tim Monev Kemendes PDTT Sambangi Kabupaten Gorontalo - REPUBLIKPOS.COM
Kabgor

Tim Monev Kemendes PDTT Sambangi Kabupaten Gorontalo

Republikpos, Limboto – Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) terpadu Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyambangi Kabupaten Gorontalo, Sabtu (15/6/2019) lalu.

Kunjungan Tim Monev tersebut dalam rangka melihat langsung Progres capaian penggunaan dana desa tahap pertama serta percepatan pencairan dana desa tahap dua Tahun 2019.

Tim ini dipimpin Dindin Abdullah Ghazali selaku KNP3MD Ditjen PPMD Kemendes PDTT didampingi  Priyo Gatot Tenaga ahli KNP3MD ditjen PPMD kemendes. Hadir juga sejumlah TAM (Tenaga Ahli Madya)  P3MD Provinsi Gorontalo serta jajaran Dinas Pemdes Kabupaten Gorontalo.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo yang menerima Tim Monev ini menyampaikan Progres penyerapan penggunaan dana Desa tahap pertama tahun 2019 mencapai 90 persen dan telah memenuhi syarat pengajuan pencairan Dana Desa tahap dua Tahun 2019. Sementara proses Dana Desa Tahap dua sendiri akan masuk ke RKUD Kabupaten Gorontalo Selasa 18 Juni 2019.

Bupati Nelson juga menyampaikan persiapan pelaksanaan Bursa Inovasi Desa (BID) yang akan dilaksanakan secara cluster. Ia juga membahas tentang  Data IDM (Indeks Desa Membangun) yang saat ini sedang dilakukan secara bersamaan antara dinas PMD Kabupaten Gorontalo, P3MD Kabgor dalam hal ini Pendamping Desa.

“Nantinya hasil dari IDM ini, kita bisa memperoleh status Desa, apakah Desa tersebut Masih sangat tertinggal, tertinggal, berkembang dan Desa maju,” ujar Nelson.

Selain itu, Bupati juga menyinggung tentang Presentase penginputan SIPEDE (Sistim Informasi Pembangunan Desa) serta usulan penetapan Desa Adat. Bupati Nelson menyambut baik dan merespon penginputan yang sudah 100 persen sedangkan terkait Desa adat, menurut Nelson masih dalam tahap analisa data.

Nelson menambahkan Pemerintah Kabupaten Gorontalo telah berupaya semaksimal mungkin agar para Kades dan aparat menggunakan dana desa dengan baik untuk pembangunan, kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

“Berbagai upaya peningkatan SDM bagi aparat dan Kades pun dilakukan agar dalam penggunaan dana desa tidak terjadi penyimpangan. Kalau pun ada pemerintah Kabupaten Gorontalo tidak main-main. Hal ini juga sudah dibuktikan dengan salah satu kepala desa sudah berhadapan dengan proses hukum dan saat ini sudah dijalaninya,” tegas Nelson.

Pewarta: Widya Rizky

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top