Mendagri Minta Pemda Gunakan Anggaran Secara Efisien - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Provinsi Gorontalo

Mendagri Minta Pemda Gunakan Anggaran Secara Efisien

alterntif text

Republikpos, Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo membuka Sosialisasi Permendagri Nomor 33 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2020 di Grand Paragon Hotel, Selasa (18/6/2019).

Kegiatan yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah dihadiri kurang lebih 350 peserta terdiri dari Sekretaris Daerah, Ketua DPRD, Sekretaris DPRD, Kepala Badan Perencanaan daerah (Bappeda), Kepala Badan Keuangan (BPKAD), Asisten III, Kepala Pendapatan Daerah, Kepala Organisasi, serta Kepala Bidang Anggaran dari 34 Provinsi di Indonesia. Tampak Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba juga ikut dalam acara ini.

Dalam kesempatan tersebut Tjahjo meminta keharmonisan antar eksekutif dan legislatif di daerah serta kecermatan dalam penyusunan dan pembelanjaan efektif anggaran.

alterntif text

“Saya harap Pemda dan DPRD dapat duduk bersama dan berdiskusi tentang penyusunan anggaran agar sesuai mekanisme yang ada, karena tidak menutup kemungkinan bisa terjadi penyelewengan,” ujar Tjahjo.

“Saya titip, belanja negara harus digunakan secara efektif dan efisien. Optimalkan pertumbuhan daerah dengan baik dan jangan terjebak pada rutinitas. Pastikan dana untuk rakyat disalurkan dengan optimal dan dijaga dengan baik, karena nilai dana yang dikucurkan dari Pusat ke Daerah cukup besar,” kata Tjahjo.

Lebih lanjut, Tjahjo Kumolo juga mengingatkan bahwa KPK saat ini sedang gencar melakukan pengawasan aset tiap daerah.

“KPK saat ini mempunyai tim Korsupgah (koordinasi, supervisi, dan pencegahan) yang sudah ada di 9 provinsi nanti target akan kami bentuk juga di 22 provinsi lain, oleh karena itu saya harap daerah lebih cermat,” ungkapnya.

Pewarta: Larasati Widya

alterntif text
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top