Pemerintah Bahas Penyelamatan Danau Limboto di KTT G20 - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Pemerintah Bahas Penyelamatan Danau Limboto di KTT G20

Republikpos, Jakarta – Utusan Khusus Presiden RI untuk Jepang, Rachmat Gobel mengutarakan isu penyelamatan Danau Limboto dibahas dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tingkat menteri di Kota Karuizawa, Prefektur Nagano, Jepang, 14 hingga 16 Juni 2019. Menurut Rachmat, Danau Limboto termasuk danau yang tingkat kerusakannya parah bahkan terancam hilang akibat sedimnetasi yang terus berlangsung.

Bahkan, Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya, mengusulkan agar dilakukan kerjasama pengelolaan sister lakes dengan Danau Limboto di Gorontalo. Sebab menurut Siti Nurbaya, Jepang telah berhasil mengelola Danau Biwa dari danau yang kotor menjadi tujuan wisata yang indah.

“Dengan program sister lake, maka berbagai best practives yang telah sukses dilakukan pemerintah Jepang, bisa kita terapkan pada danau Limboto, baik konsep dan metodenya, hingga penerapan teknologi yang dianggap relevan,” ujar Rachmat Gobel.

Rachmat Gobel menambahkan, kedua negara juga akan menjajaki kerjasama pengelolaan sampah laut, mengingat Indonesia telah mengembangkan Regional Capacity Centre for Clean Seas (RCCCS) di Bali, sedangkan Jepang mengembangkan Japan Initiative for Marine Environment (JAIME).  Selain itu, Green House Observation Satelitte (GOSAT) milik Jepang diharapkan dapat mendukung pembangunan lingkungan di Indonesia dalam hal analisis perubahan iklim, misalnya dengan pengukuran CO2 secara spasial dan timely, guna monitoring dan mengukur kemajuan langkah penanganan dampak perubahan iklim.

“Selama ini kerja sama yang telah berjalan di Indonesia antara lain, pengelolaan sampah Sungai Citarum, pengolahan sampah menjadi energi di Legok Nangka, Bandung dan pengembangan biofuel. Sudah saatnya kita mendorong agenda penyelamatan Danau Limboto ke tingkat Internasional,” kata Rachmat.

Pewarta: Larasati Widya

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top