Kuliah Subuh Muhammadiyah Sampaikan Pentingnya Kewajiban Beragama bagi Generasi Muda - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Kuliah Subuh Muhammadiyah Sampaikan Pentingnya Kewajiban Beragama bagi Generasi Muda

alterntif text

Republikpos, Gorontalo – Pelaksanaan kuliah subuh periode 1440 H kembali dibuka kegiatannya di rumah jabatan Gubernur Gorontalo. Kegiatan kuliah subuh yang telah berlangsung lebih dari 40 tahun ini, dilaksanakan Persyarikatan Muhammadiyah setiap hari ahad dan berpindah lokasi di rumah warga atau Masjid.

Selama ini kegiatan kuliah subuh diawali di Rumah jabatan Gubernur pasca Idul Fitri dan berakhir di Rumah jabatan Walikota menjelang Ramadhan. Hal ini menunjukkan hubungan baik antara pemerintah dengan ormas islam termasuk Muhammadiyah.

Hadir pada acara tersebut Wakil Gubernur Gorontalo, pimpinan OPD Provinsi Gorontalo, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, Pimpinan Wilayah Aisyiah termasuk Rektor UMGo beserta jajarannya.

Selaku penceramah kuliah subuh adalah Rektor IAIN Manado, Delmus Punari Salim, Ph.D. Dalam ceramahnya, Rektor IAIN menyampaikan tentang pentingnya menyampaikan kewajiban agama kepada generasi muda dengan cara yang mudah dipahami oleh kaum milenial.

Perintah agama seperti sholat, puasa, zakat dan lain-lain memang berdimensi keakheratan tetapi dampaknya sudah bisa dirasakan di dunia. Dicontohkan puasa. Ujung akhir dari ibadah puasa adalah meningkatkan takwa yang berdimensi ukhrowi, namun bagi yang melaksanakan puasa manfaatnya sudah dirasakan di dunia seperti meningkatnya kesehatan dan kebugaran tubuh.

Sementara itu, wagub dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih kepada Muhammadiyah yang senantiasa berkomitmen dan konsisten dengan dakwah amar ma’ruf nahi munkar di Provinsi Gorontalo. Wagub berharap peran keummatan persyarikatan Muhammadiyah dapat terus ditingkatkan.

Dalam kesempatan yang salam, Rektor UMGo juga menyampaikan bahwa sebagai amal usaha persyarikatan, UMGo juga mensuport kegiatan dakwah islamiyah yang dikemas dalam bentuk kuliah ba’da subuh yang dibuktikan dengan kontribusi warga kampus baik sebagai penceramah maupun tuan rumah kuliah subuh yang diadakan pimpinan daerah Muhammadiyah kabupaten/kota se-Provinsi Gorontalo. Kampus UMGo juga beberapa kali pernah menjadi lokasi penyelenggaraan kuliah subuh gabungan kota Gorontalo dan kabupaten Gorontalo.

Pewarta: Widya Rizky

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top