Festival Tumbilotohe di Kabupaten Gorontalo Berikutnya Akan Dikemas Lebih Unik - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Kabgor

Festival Tumbilotohe di Kabupaten Gorontalo Berikutnya Akan Dikemas Lebih Unik

Republikpos, Gorontalo – Kedepan, Festival Tumbilotohe tingkat Kabupaten Gorontalo, diminta untuk dikemas lebih unik lagi. Kemeriahan tumbilotohe yang digelar tahun ini, selain mendapat apresiasi, juga penting untuk dievaluasi untuk lebih sukses ditahun depan.

Minggu (2/6/2019), Festival Tumbilotohe tingkat Kabupaten Gorontalo, resmi ditutup oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo. Kegiatan yang dirangkaikan dengan Lomba Bunggo tingkat Kabupaten Gorontalo ini, digelar di Desa Konservasi Budaya Talumelito Telaga Biru.

Menurut Bupati Nelson, baik itu Festival Tumbilotohe maupun Lomba Bunggo yang dilaksanakan tahun ini, sangat meriah. Antusias masyarakat tinggi terhadap berbagai kegiatan yang dilaksanakan.

Ketua TP PKK Kabupaten Gorontalo Fory Naway menyerahkan piala kepada pemenang dalam lomba yang digelar di Festival Tumbilotohe tingkat Kabupaten Gorontalo. (humas)

Kedepan kata Bupati Nelson, ada beberapa hal yang harus dibenahi. Diantaranya, evaluasi terhadap pelaksanaan tahun ini.

Festival Tumbilotohe 2019 Dipastikan di Talumelito, Fory: 70 % Lampu Tradisional
“Diantaranya, pada cara penyajian lampu-lampu, beda dengan tempat lain, tidak hanya dipinggir jalan atau depan rumah masyarakat, melainkan akan terpasang di bukit paling atas sehingga dari kejauhan sudah kelihatan,” kata Bupati Nelson.

Apalagi di desa ini kata Bupati Nelson, ada bukit yang bisa dipasang lampu. Intinya kata Bupati Nelson, saat lampu terpasang kelihatan unik dan beda dari tempat lain.

Bupati Nelson menambahkan, karena pelaksanaan di desa konservasi budaya, maka penampilan lampu–lampu lebih pada budaya tradisonal dan unik. Bupati Nelson berkeinginan, desa konservasi budaya lebih menonjolkan kearifan lokal dan kental budayanya.

Saat siang dan malam, sudah harus terlihat ornamen-ornamen ciri khas budaya di desa ini. Sehingga kata Bupati Nelson, orang yang datang lebih terkesan pada ciri khas budaya di desa ini.

“Saya ingin ketika memasuki desa ini, sudah terlihat ornamen-ornamen budayanya, seperti tanaman budaya dan lain-lain, termasuk kegiatan syiar agama Islam dan adat,” ungkap Bupati Nelson.

“Konsep itu yang akan kita terus dorong dalam pelaksanaan festival tumbilotohe kedepan, nuansa budaya dan uniknya,” tambah Bupati Nelson.

Diakhir sambutannya, Bupati Nelson mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan masyarakat yang telah memberikan dukungan atas suksesnya kegiatan ini.

“TP PKK Kabupaten Gorontalo, perwakilan kecamatan, Pimpinan OPD dan seluruh masyarakat, selaku pribadi dan Pemkab Gorontalo menyampaikan terima kasih atas suksesnya kegiatan ini,” tandas Bupati Nelson.

Dalam acara itu juga, Bupati Nelson didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Gorontalo menyerahkan bonus, hadiah dan piala bergilir kepada para juara lomba festival tumbilotohe, kepada perwakilan OPD, BUMD, BUMN, intansi vertikal, kecamatan, komunitas serta pribadi atau perorangan.

Kegiatan ini yang diikuti seluruh perwakilan kecamatan dan OPD ini, terselenggara kerjasama Pemkab Gorontalo melalui Dinas Pariwisata dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top