Hadiri Konsolidasi APKASI, Bupati Nelson Perjuangkan Tiga Poin Ini - REPUBLIKPOS.COM
Kabgor

Hadiri Konsolidasi APKASI, Bupati Nelson Perjuangkan Tiga Poin Ini

alterntif text

Republikpos, Jakarta – Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo hadir dalam rapat konsolidasi Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI)  di Kantor Sekretariat APKASI Sudirman Sahid Center Jakarta, Senin (27/5/2019) kemarin.

Ada tiga poin penting yang diperjuangkan Bupati Gorontalo dalam forum APKASI tersebut. Antara lain tindak lanjut pemerintah pusat mengenai BPJS, problem kewenangan SMA/SMK, dan pemecatan ASN yang terlibat tindak pidana khususnya Korupsi.

Nelson Pomalingo menjelaskan bahwa tiga poin tersebut merupakan masalah yang bersifat urgent di Gorontalo. “BPJS itu sering mengalami keterlambatan pembayaran, seharusnya di tingkat pusat distabilkan keuangannya karena menyangkut orang sakit jadi perlu penanganan cepat,” ungkap Nelson.

Terkait keterlambatan BPJS, Nelson mengaku sudah ada rancangan berupa Global Finance.”Global finance itu uangnya diberikan secara global, nanti kita yang mendayagunakan. Dengan adanya global finance sudah menjawab keterlambatan BPJS yang diberikan secara bertahap dan menunggu tagihan, sedangkan di global finance akan diberikan di awal,” jelas Nelson.

Nelson menambahkan, mengenai kewenangan SMA/SMK di Provinsi yang belum juga terkoordinir dengan baik, saya ingin  sekolah-sekolah kembali menjadi kewenangan kabupaten/kota. Ini sudah menemui titik terang dimana adanya tuntutan Bu Risma Walikota Surabaya yang menghasilkan kemenangan pemerintah kabupaten/kota.

“Terkait pemecatan ASN, di Gorontalo sudah diserahkan di PTUN, di daerah lain belum adanya pemecatan. Sekarang sudah diusahakan oleh Korpri, tapi kita berharap APKASI yang bisa memperjuangkan di tingkat pusat” ujarnya.

Sementara itu, rapat konsolidasi ini juga dirangkaikan dengan buka bersama yang dihadiri oleh ketua, pengurus, dan anggota APKASI.

Pewarta: Larasati Widya

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top