Lolos ke DPR RI, Ini Harapan Staf Ahli Menteri LHK Untuk Rachmat Gobel - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Lolos ke DPR RI, Ini Harapan Staf Ahli Menteri LHK Untuk Rachmat Gobel

alterntif text

Republikpos, Jakarta – Pengumuman hasil Pemilu pada tanggal 22 Mei lalu yang diwarnai aksi demo berujung anarkis telah mengumumkan nama-nama putra Gorontalo yang berhasil menduduki kursi di Senayan salah satunya Rachmat Gobel.

Diketahui Rachmat Gobel yang merupakan putra Gorontalo yang namanya sudah dikenal di Indonesia dan di dunia ini adalah mantan menteri perdagangan sekaligus pengusaha di bawah nama Panasonic Gobel Group.

Prof. Winarni Monoarfa, mantan Sekda Provinsi Gorontalo 2012 – Maret 2018 yang saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Bidang Hubungan Antar Lembaga, Pusat dan Daerah yang ditemui pada acara Buka Bersama Keluarga Besar Gobel di Shangri-La Hotel Jakarta, Sabtu (25/5/2019) kemarin, mengutarakan harapannya kepada Rachmat Gobel untuk membawa Gorontalo lebih maju dan sejahtera lagi lewat jabatan yang akan diduduki.

“Saya berharap Pak Rachmat Gobel dapat memperjuangkan program strategis nasional Gorontalo yang pro rakyat di DPR RI nantinya, karena kita ketahui bahwa ketergantungan fiskal Gorontalo masih sangat bergantung dari APBN. Anggaran daerah yang bersumber dari APBD provinsi Gorontalo Tahun 2019 ini hanya sekitar hampir 2 triliun dengan kenaikan PAD sekitar hampir 50 milyar. Tentu ini masih sangat kurang untuk membiayai kebutuhan pembangunan Gorontalo yang besar,” ungkapnya.

alterntif text

“Selain itu yang perlu diperhatikan adalah fokus terhadap penurunan presentase masyarakat miskin kita yang masih diatas nasional walaupun trend jumlah penurunan tiap tahun signifikan. Hal ini yang saya harapkan tidak hanya untuk pak Rachmat Gobel tapi juga anggota DPR dan DPD Gorontalo terpilih dapat berjuang bersama . Momentumnya sangat tepat untuk diakomodir dalam RPJMN 2020-2024 agar terjadi percepatan pembangunan Gorontalo,” tambahnya.

Winarni Monoarfa juga mengharapkan melalui jejaring bisnis Rachmat Gobel yang dipunyai dapat membantu mendorong investor datang ke Gorontalo. Hal ini sangat penting karena basis ekonomi Gorontalo yang masih bertumpu pada sektor- sektor pertanian, perikanan dan kelautan, perkebunan, peternakan dan mineral. Dimana seharusnya lebih mendorong sektor industri kedepan.

“Kita tahu bahwa pak Rachmat Gobel punya kapasitas, dipercaya dan mempunyai jejaring bisnis yang luas dan kuat baik nasional dan dunia khususnya dengan pemerintah Jepang sehingga tentu menjadi peluang bagi kerjasama swasta untuk pembangunan Gorontalo yang akan datang,” ujarnya.

“Selain itu Gorontalo juga punya potensi pariwisata dan situs- situs agama dan budaya yang berpeluang untuk dikembangkan dan dipromosikan. Hal terpenting adalah komitmen bersama untuk tetap melestarikan lingkungan karena kita ketahui provinsi Gorontalo merupakan wilayah yang rawan bencana,” jelas optimisme Prof. Winarni Monoarfa yang juga sebagai perempuan pertama Gorontalo yang memperoleh gelar adat “Pulanga Ti Tidito Lo Hunggia”.

Pewarta: Larasati Widya

alterntif text
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top