Pemkab Gorontalo Kampanyekan Pengurangan Sampah Plastik - REPUBLIKPOS.COM
Kabgor

Pemkab Gorontalo Kampanyekan Pengurangan Sampah Plastik

alterntif text

Republikpos, Limboto – Penggunaan sampah plastik yang berlebihan memiliki dampak buruk. Maka untuk menghindari bahaya sampah plastik, Pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam beberapa waktu kedepan akan menggaungkan kampanye untuk mengurangi penggunaan plastik, hal ini bermaksud dalam rangka menuju Kabupaten Gorontalo tanpa sampah plastik. Ujar Bupati Kabgor, Nelson Pomalingo disela-sela kampanye pengurangan sampah di lokasi pasar tradisional Kayubulan, Kamis (22/5/2019) lalu.

Menurut Nelson, upaya ini dilakukan selain mendukung Kabupaten Gorontalo bebas sampah plastik juga mengurangi adaptasi perubahan iklim. Program ini merupakan program kelompok kerja adaptasi perubahan iklim (API ) dalam rangka mengurangi sampah plastik.

“Sampah plastik tidak bisa didaur ulang, kemudian sampah plastik itu nanti terurai setelah ribuan tahun. Sampah plastik juga bisa menyebabkan sumbatan di got atau selokan sehingga mengakibatkan banjir,” ungkap Nelson.

Pemerintah daerah telah memulai pada setiap pelaksanaan kegiatan rapat tidak lagi menggunakan plastik. “Sekarang kami juga ingin masyarakat ikut memulai dengan tidak menggunakan plastik.  alhamdulillah, hari ini kami mengapresiasi masyarakat dengan membagikan tas yang dapat digunakan beberapa kali sehingga mereka tidak menggunakan plastik lagi,“ ujar Nelson.

Sementara itu, aksi bagi-bagi tas kantong berbahan kain ini dipimpin langsung oleh Bupati Gorontalo bersama jajarannya. Dalam aksi tersebut, Bupati dan timnya mengganti kantong plastik yang digunakan emak-emak untuk mengemas barang jajanannya dengan tas yang sudah disediakan tim kelompok kerja Adaptasi perubahan iklim bersama sejumlah OPD terkait.

Pewarta: Widya Rizky

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top