Jaksa Sayang Anak, Terobosan Kejari Limboto Dukung Kabgor Layak Anak  - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Kabgor

Jaksa Sayang Anak, Terobosan Kejari Limboto Dukung Kabgor Layak Anak 

Republikpos, Limboto – Setelah sukses dengan terobosan jaksa sahabat desa, jaksa sahabat Guru dan jaksa masuk masjid, Kali ini Kejaksaan Negeri Limboto menghadirkan terobosan baru yakni jaksa sayang anak. Menurut Kejari Limboto, Supriyanto ada dua tujuan kejaksaan melakukan launching jaksa sayang anak. Pertama, kejaksaan negeri Limboto dari awal mendukung Kabupaten layak anak. Kedua, melihat fenomena di lapangan bahwa, ada perkara-perkara anak yang ditangani dan korban maupun pelaku adalah anak.

“Berawal dari itu, maka saya berpikir mencari terobosan, inovasi dan kreasi bahwa kita tidak bisa melakukan penanganan perkaranya tanpa kita cari permasalahannya terlebih dahulu. Maka setelah itu kita cari solusinya, dan saya pikir dengan berkumpul dengan anak solusi paling efektif dari situ kita nilai jaksa sayang anak pantas dibuat agar mereka anak-anak di Kabupaten Gorontalo tidak melakukan pelanggaran hukum, baik dia sebagai korban maupun pelanggaran hukum, ” jelas Supriyanto.

Untuk menyukseskan program jaksa sayang anak tersebut, sejumlah hal yang akan dilakukan oleh pihak Kejati Limboto. Mulai dari perjanjian dan menandatangani komitmen bersama kita sayang anak. Pembuatan ruangan persiapan penanganan perkara anak, ruang laktasi hingga taman bermain anak.

“Artinya kita sayang anak, kita jaga mereka jangan sampai berurusan dengan hukum yang dapat merusak masa depannya. Selain itu, menghadirkan taman bermain anak agar anak-anak ramah dengan kantor kejaksaan sehingga anak anak semakin dekat dengan jaksa,” ungkap Supriyanto.

Supriyanto menambahkan, kejaksaan juga akan membuat ruang konseling untuk digunakan sebagai sarana konsultasi terhadap anak-anak yang berhadapan dengan hukum.

“Itulah langkah konkret Kejaksaan Negeri Limboto dalam mendukung Kabupaten Gorontalo layak anak yang diimplementasikan dengan hadirnya jaksa sayang anak,” ujarnya.

Dalam kegiatan jaksa sayang anak ini, selain menggandeng Pemkab Gorontalo, Kejari Limboto juga bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK, Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) serta Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak ( P2TP2A) Kabupaten Gorontalo. Kegiatan ini juga menghadirkan forum anak se Kabupaten Gorontalo dan berlangsung di lapangan Indoor Rudis Bupati, Kamis (23/5/2019) lalu.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Drs Hen Restu menyampaikan apresiasinya atas terobosan yang dibuat oleh kejaksaan dalam rangka mendukung Kabupaten Gorontalo layak anak.

“Pemerintah Kabupaten Gorontalo sangat mengapresiasi dan sangat setuju terobosan tersebut. Semoga Kabupaten Gorontalo layak anak benar-benar kita wujudkan secara bersama-sama,” tutup Hen Restu.

Pewarta: Widya Rizky

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top