Aleg PKS Dorong Sistem Zonasi Sekolah - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Aleg PKS Dorong Sistem Zonasi Sekolah

Republikpos, Gorut –  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Dari Fraksi PKS Gustam Ismail mendorong agar pemerataan peserta didik dan juga dominasi sekolah favorit atau unggulan dapat laksanakan pada tahun ajaran 2019-2020.

Menurutnya, selama ini pemerataan siswa di setiap sekolah itu belum terjadi dengan maksimal.

“Hal tersebut terjadi karena anggapan masyarakat terhadap sekolah favorit itu masih terjadi, sehingga ada di beberapa sekolah terjadi penumpukan siswa bahkan melebihi daya tampung sekolah,” ungkapnya.

Sebagaimana informasi yang diterima, untuk tahun ajaran baru ini kata Gustam, sudah akan digunakan sistim zonasi untuk menghilangkan dominasi atau anggapan terhadap sekolah favorit atau unggulan tersebut.

“Jika memang benar informasi tersebut, maka kami tentu menanggapi positif dan mendorong agar segala persiapan untuk mewujudkan program ini dapat segera siap agar pada tahun ajaran baru segera diterapkan,” tegasnya.

Terhadap pendidikan, pemerintah tentu menaruh perhatian yang serius terutama untuk infrastruktur sekolah.

“Tentu sangat disayangkan jika bangunan sekolah yang telah dibangun kemudian tidak termanfaatkan dengan maksimal karena tidak ada murid, padahal untuk tenaga pengajar maupun fasilitas lainnya telah tersedia,” ujar Gustam.

Sehingga yang terjadi, beberapa fasilitas pendidikan tidak maksimal berjalan sementara di beberapa sekolah justru berlebihan.

“Sehingganya pemerataan dalam dunia pendidikan akan terjadi dan pendidikan program peningkatan SDM di daerah ini berjalan dengan maksimal,” kata Gustam.

Sementara itu Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Gorut, Irwan Usman mengatakan bahwa sistem zonasi saat ini tengah dirancang dan dipersiapkan.

“Dan diharapkan dapat segera diterapkan pada tahun ajaran baru ini,” ungkapnya.

Namun demikian, belum semua daerah di Gorut ini akan diterapkan sistem zonasi. “Selain itu juga dukungan Perbup dalam penerapan sitem zonasi pendidikan ini diperlukan dan itu juga tengah disiapkan,” pungkasnya.

Pewarta: Matris Salim

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top