Zakat Fitrah Disepakati Rp. 25.000/Jiwa - REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Zakat Fitrah Disepakati Rp. 25.000/Jiwa

Tambrin Yusuf (Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Gorut) Saat memimpin Rapat Penentuan Zakat Fitrah

Republikpos, Gorut – Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Pemkab Gorut) melaksanakan Rapat Penetapan Besaran Zakat Fitrah 1440 Hijriah.

Kegiatan yang digelar di Aula Gerbang Emas Kantor Bupati Gorut, Kamis (16/5/2019) dipimpin oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Gorut, Thamrin Yusuf dan dihadiri oleh seluruh camat, OPD, serta unsur lembaga adat.

Thamrin menjelaskan, aspek yang menjadi dasar penetapan jumlah zakat fitrah, yakni jumlah harga pasar yang telah disurvei oleh Tim dari Dinas Koperindag.

“Ya, ada beberapa aspek, salah satunya terkait harga pasar tadi. Nah, rekomendasi rapat hari ini menghasilkan zakat fitrah di Kabupaten Gorut adalah sejumlah 25 ribu perjiwa,” ungkap Asisten II.

Lebih lanjut, Thamrin menjelaskan bahwa dalam rapat muncul beberapa pendapat, seperti mekanisme dan bentuk zakat tersebut.

“Dari jumlah yang ditetapkan, itu bisa dalam bentuk uang tunai maupun bahan pokok kebutuhan penerima,” ujarnya.

Untuk pengelolaan zakat itu sendiri dilakukan kolaborasi sesuai undang-undang yang ada.

“Sesuai undang-undang legal, itu ada Baznas. Tapi karena di Gorut masih terbilang baru, maka akan dikolaborasikan dengan muamilin desa. Sehingga dari Baznas sendiri dapat memonitoring apa yang dilaksanakan muamilin desa itu,” pungkas Thamrin.

Atas nama Pemkab Gorut, Thamrin berharap, kedepannya pengelolaan zakat fitrah bisa lebih baik dan sesuai dengan aturan undang-undang.

Pewarta: Matris Salim

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top