Pohuwato Segera Bangun Pengolahan Emas Bebas Bahan Merkuri – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Pohuwato

Pohuwato Segera Bangun Pengolahan Emas Bebas Bahan Merkuri

Republikpos, Jakarta – Kabupaten Pohuwato bersama Direktorat Jendral Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 menandatangani nota kesepahaman tentang Pembangunan Fasilitas Tambang Rakyat pada Rabu (15/05) di Hotel Santika Premier Slipi Jakarta.

Maksud dari MoU ini dimana akan dibangun fasilitas pengolahan emas tanpa menggunakan bahan beracun seperti merkuri.

Wakil Bupati Pohuwato Amin Haras yang menandatangani MoU ini mengatakan bahwa Pohuwato menjadi kabupaten pilot project bersama Kab. Pulang Pisau dan Kab. Halmahera Utara.

“Saya telah menandatangani MoU untuk pembangunan fasilitas tambang rakyat dimana di sana nanti untuk pengolahan emas tidak akan menggunakan bahan merkuri dan bebas pencemaran,” ungkapnya.

“Pembangunan ini nanti diharapkan akan dapat mengontrol penambang ilegal dimana penambang di Pohuwato akan diawasi oleh pemda dari cara menambangnya, mengolahnya agar ramah lingkungan. Jadi kalau ada penambang liar sudah tidak boleh karena mungkin mereka masih menggunakan bahan berbahaya dan itu sudah menyalahi aturan yang akan berlaku setelah penandatanganan MoU ini,” tambanhnya.

Amin Haras juga mengungkapkan bahwa sampah, limbah dan B3 masih menjadi masalah di Pohuwato, walaupun sudah mulai terkontrol jumlahnya.

“Untuk sampah dan B3 sudah mulai terkontrol jumlah dihasilkan seperti sampah plastik yang sudah berkurang 9% dan masih akan terus dikontrol sampah plastik dan sampah yang mengandung bahan beracun di masyarakat agar terus berkurang,” ujarnya.

Dengan penandatangan MoU ini setidaknya ada akan dibangun satu tempat pengolahan emas ramah lingkungan.

“Sekarang baru satu, namun kami berharap dan akan segera dimintakan untuk membangun lebih banyak lagi agar dapat mencover semua penambang di Pohuwato,” harap Amin Haras.

Pewarta: Larasati Widya

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top