Pemprov Gorontalo Menerima Hibah dari Pemerintah Pusat, Berapa Nilainya? - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Provinsi Gorontalo

Pemprov Gorontalo Menerima Hibah dari Pemerintah Pusat, Berapa Nilainya?

Republipos, Jakarta – Provinsi Gorontalo telah menandatangani persetujuan hibah Barang Milik Negara dari Kementerian Keuangan yang diserahkan melalui Direktorat Cipta Karya Kementerian PUPR pada Selasa (14/05) di Ruang Rapat Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Provinsi Gorontalo yang diwakili oleh Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim telah menerima hibah dengan total aset senilai 190 Milyar. Idris Rahim mengungkapkan ada beberapa bidang yang dihibahkan oleh negara.

“Ada beberapa bidang antara lain Bidang penyediaan air minum, pengembangan penyehatan lingkungan, pengembangan permukiman, dan penataan bangunan,” ujarnya.

“Untuk bidang-bidang tersebut merupakan infrastruktur yang ada di Gorontalo yang sebelumnya masih dibawah kepemilikan pusat sekarang menjadi milik daerah, secara rinci ada instalasi pengolaan sampah, saluran drainase, jaluran khusus kompleks, jalan desa, jaringan pipa distribusi air minum, bangunan MCK, taman permanen dan tanggul banjir,” tambahnya.

Selain itu, Provinsi Gorontalo juga menandatangani surat persetujuan terhadap rencana Pemerintah Pusat dalam akan membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Gorontalo Raya.

Selain Provinsi Gorontalo, terdapat juga Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, dan Kabupaten Bone Bolango yang ikut dalam penandatanganan ini.

“SPAM ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan air minum di 2 kabupaten dan 1 kota yang dilalui Sungai Bone Bolango, karena saat ini kami menghadapi krisis air di sana,” ungkapnya.

“Untuk kabupaten lainnya yang belum ikut serta kami harapkan tahun depan sudah ikut ikut dalam rencana SPAM ini,” tandasnya.

Pewarta: Larasati Widya

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top