Pengelolaan Dana Desa Harus Sesuai Regulasi – REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Pengelolaan Dana Desa Harus Sesuai Regulasi

Republikpos, Gorut – Dalam mengelola dan memanfaatkan dana desa diharapkan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan berdasarkan kebutuhan masyarakat sebagaimana yang disuarakan dan menjadi kebutuhan mendasar.

Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Nurdjanah Yusuf yang mengharapkan agar kebutuhan masyarakat tersebut diperhatikan dan menjadi prioritas.

Nurdjanah mengatakan, kebutuhan tentunya menjadi sesuatu yang dianggap penting untuk direalisasikan untuk masyarakat. Terlebih jika kebutuhan tersebut, dapat dikatakan mendesak atau urgen untuk direalisasikan, maka sebuah kewajiban bagi kepala desa yang bertanggung jawab dalam mengelola dan memanfaatkan dana untuk memenuhinya.

Saya berharap, pengelolaan dan pemanfaatan dana desa tahun 2019 ini, para Kepala Desa bisa mengutamakan kebutuhan masyarakat, sektor apapun itu, sepanjang itu memang kebutuhan masyarakat, maka sepantasnya untuk direalisasikan, kata Nurdjanah.

Penasehat Fraksi Partai Golkar (F-PG) DPRD Gorut ini juga mengatakan, dalam pengelolaan dan pemanfaatan dana desa, para Kepala Desa untuk senantiasa mengacu atau berpedoman pada ketentuan yang berlaku. Apa saja peruntukkan dari dana yang jumlahnya mencapai ratusan juta setiap desa ini, harus dipatuhi oleh para kepala desa tanpa terkecuali. Karenanya, DPRD Gorut siap dan akan senantiasa melakukan pengawasan terhadap pemanfaatannya.

Termasuk, menghindari adanya kepala desa yang akan tersangkut masalah hukum pada pengelolaan dana desa ini.
Namun demikian, Nurdjanah mengingatkan juga bahwa dana yang dikeluarkan harus sesuai dengan mekanisme maupun aturan serta ketentuan yang berlaku. Artinya bahwa, besar kecilnya dana yang akan dikeluarkan, sepanjang itu sesuai dengan ketentuan yang berlaku, maka silakan saja dikelola dan dimanfaatkan.

“Agar nantinya pemanfaatan dan pengelolaan dana desa tersebut dapat lebih memacu pembangunan yang ada di desa masing-masing,” pungkasnya.

Pewarta: Matris Salim

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top