Disnakertrans Kabupaten Gorontalo Kembali Rampungkan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Kabgor

Disnakertrans Kabupaten Gorontalo Kembali Rampungkan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi

Republikpos, Limboto – Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo menyerahkan kartu pencari kerja serta menyerahkan SK Kontrak Kerja Program Penyaluran Tenaga Kerja di Kabupaten Gorontalo.

Tak hanya sampai disitu, sebelumnya juga, Bupati Nelson telah melakukan Pelepasan Tanda Peserta dan Penyerahan sertifikat kelulusan Pelatihan Berbasis Kompetensi Kejuaraan pertukaran.

Dimana, berbagai kegiatan ini dilaksanakan pada penutupan Program Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi yang diselenggarakan UPTD BLK Limboto, Disnakertrans Kabupaten Gorontalo.

Pelatihan yang dilaksanakan selama sebulan ini secara resmi ditutup oleh Bupati Nelson Pomalingo, yang didampingi Sekda Ir. Hadijah U. Tayeb, MM, Kepala dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Titiyanto Pauweni, Sabtu (4/5/2019) di aula Disnakertrans Kabupaten Gorontalo.

Bupati Nelson menilai terkait pelatihan ini sangat penting dilaksanakan. Untuk itu, ia sangat mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Disnakertrans yang sudah menyelesaikan program pelatihan berbasis kompetensi, yang pada intinya bisa menanggulangi pengangguran di Kabupaten Gorontalo.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Kadis Nakertrans yang turut membina warga masyarakat untuk memperoleh keterampilan Pelatihan kerja berbasis kompetensi dibidang pertukangan, saya berharap agar kegiatan ini benar benar bisa menjadi peluang untuk mendapatkan pekerjaan dan penciptaan lapangan kerja,” harap Nelson.

Terkait pentingnya program penempatan dan penyaluran tenaga kerja, Nelson mengatakan, program ini merupakan program pengentasan kemiskinan ter efisien dan ter efektif di daerah ini. Tahun 2018 dengan anggaran kurang lebih 100 juta dapat memberantas kemiskinan dengan 300 orang secara by name by adress.

“Program penempatan dan penyaluran tenaga kerja, indikator kinerja yakni tahun 2018 pencari kerja terdaftar 1.325 orang, tahun 2018 1.596 orang meningkat 18,1%.

Pencari kerja yang disalurkan tahun 2017 mencapai 221 orang dan tahun 2018 menjadi 398 orang meningkat 80,1% ,“ kata Nelson.

Tambahnya, perusahaan yang bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Gorontalo tahun 2017 mencapai 18 perusahaan dan tahun 2018 menjadi 29 perusahaan, dan ini menandakan ada peningkatan 44,4%.

Orang nomor satu di Kabupaten Gorontalo itu merinci, daftar perusahaan program penempatan dan penyaluran tenaga kerja tahun 2018 antara lain, PT Alfamart TBK dan tenaga kerja disalurkan 145 orang. PT Indomart TBK, tenaga kerja disalurkan 112 orang, PT PNM Nasional Madani tenaga kerja disalurkan 36 orang, PT Harvest Gorontalo (HGI) tenaga kerja yang disalurkan 22 orang, PT Panasonic Indonesia tenaga kerja yang disalurkan 32 orang dan perusahaan lainnya 51 orang.

Akhiri sambutannya Nelson menambahkan, persentase dan komposisi pencari kerja tahun 2018, untuk jenis kelamin perempuan 52,7% dan pria 47,%. Lulusan SMP 0,16%, SMA 65,5%, dan DIII/S1/S2 mencapai 34,2%.

Sementara itu Kepala Disnakertrans, Drs. Titian Pauweni, M.Pd, mengatakan Pelatihan kerja yang di titik beratkan pada penguasaan kemampuan kerja tersebut, mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai standar yang ditetapkan di tempat kerja, sehingga begitu selesai pelatihan bisa menjadi pribadi yang terampil dan siap bekerja.

“Alhamdulillah para peserta pelatihan ini sudah mempraktekkan hasil karya mereka, dan hasilnya sudah bagus dan memuaskan,” tandasnya.

Pewarta: Widya Rizky

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top