IQRA Komitmen Jalankan Pemerintahan Ceria, Unggul dan Sejahtera – REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

IQRA Komitmen Jalankan Pemerintahan Ceria, Unggul dan Sejahtera

Republikpos, Gorut – Diawal kepemimpinan Bupati Indra Yasin dan Wakil Bupati Thariq Modanggu, pasangan ini telah menyiapkan dan menetapkan visi/misi serta program ditambah dengan 127 janji yang telah dicantumkan dalam dokumen RPJMD 2019 – 2023.

Yakni, VISI “Ceria, unggul dan sejahtera di poros maritim Indonesia 2023” dengan kata kunci visi : CERIA. Secara bahasa, ceria bermakna: bersih, berseri-seri (air muka/wajah), cerah dan bersinar. Keceriaan adalah pertanda gembira dan bahagia. (kamus besar bahasa indonesia). UNGGUL. Lebih baik, tinggi, lebih maju, menang. Keunggulan adalah keadaan yang (lebih) unggul; keutamaan, kecakapan, kebaikan, kekuatan, yang lebih daripada yang lain. SEJAHTERA. Aman sentosa dan makmur; selamat; terlepas dari segala macam gangguan. Keluarga sejahtera adalah keluarga yang dibentuk berdasarkan atas perkawinan yang sah, mampu memenuhi kebutuhan hidup spiritual dan materil yang layak, bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, memiliki hubungan yang serasi, selaras dan seimbang antar anggota dan antar keluarga dengan masyarakat dan lingkungan (undang-undang nomor 10 tahun 2012). POROS MARITIM UTARA. Poros Maritim (PM) merupakan sebuah gagasan dan kebijakan strategis pemerintah pusat saat ini menjamin konektivitas antar pulau, pengembangan industri perkapalan dan perikanan, perbaikan transportasi laut serta fokus pada keamanan maritim. Gorontalo utara secara geo-positioning berada di zona poros maritim utara Indonesia dengan mengemban misi, Membangun SDM CERIA (cerdas, empati, ramah, inovatif, amanah), baik SDM aparatur maupun SDM masyarakat, Mengembangkan keunggulan positioning Gorontalo Utara diantara dua provinsi (Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah) serta perairan dunia, menjadi modal utama kemajuan dan kesejahteraan yang berkeadilan, Mempercepat kesejahteraan rakyat Gorontalo Utara dengan membangun infrastruktur / program strategis kesejahteraan, Meningkatkan kualitas lingkungan, keseimbangan gender dan ramah anak, Mengembangkan kehidupan beragama dan berbudaya secara produktif, harmonis dan berkelanjutan.

Agenda strategi pemerintah daerah Gorontalo Utara sesuai dengan visi misi Gorontalo Utara ceria, unggul, & sejahtera di poros maritim utara Indonesia 2023 yang akan ditetapkan dalam RPJMD 5 tahun kedepan.

Secara sederhana visi misi ini dirangkum dalam filosofi tridarma (pengabdian) Indra Yasin – Thariq Modanggu (IQRA) sebagai fokus kedepan yaitu dengan cara Membangun keluarga, Membangun desa, Membangun daerah unggul.

“Membangun keluarga adalah komitmen kami bahwa pembangunan kedepan benar-benar diprioritaskan untuk kepentingan masyarakat antara lain, menjamin modal usaha bagi orang miskin dan rentang miskin minimal sebesar 4 juta rupiah, bantuan masa tunggu serta pendamping keluarga ceria serta yang berikut beberapa program kami lakukan,” papar Bupati Indra Yasin. Begitu juga membangun desa adalah agenda strategis pemerintahan Iqra setelah membangun keluarga.

“Kami ingin memastikan bahwa dana desa benar-benar berdampak besar pada penurunan angka kemiskinan dan untuk membangun infrastruktur desa untuk itulah kami membuat trobosan yaitu konsep desa ceria, klinik desa dan gorut digital village,” tambahnya.

Sementara Wakil Bupati Thariq Modanggu mengatakan program daerah unggul mencakup perikanan/kelautan, pertanian/perkebunan, peternakan dan pariwisata (eco culture). Dimana, untuk pengembangan poros maritim utara Indonesia kami akan membangun; Kwadang Waterfront City, Gentuma coastal fishing city, Anggrek coastal industry city, Sumalata water park dan windu integrated port.

“Untuk mewujudkan visi misi ini sangat dibutuhkan jalinan kerja sama yang erat seluruh aparatur pemerintahan serta seluruh lapisan masyarakat sebab dengan modal sosial ini kita dapat mewujudkan harapan besar tersebut diatas,” pungkas thariq.

Pewarta: Matris Salim

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top