Sikapi Keberadaan TKA di Gorut, Thariq Modanggu: Pemda Gorut Tidak Tidur - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Sikapi Keberadaan TKA di Gorut, Thariq Modanggu: Pemda Gorut Tidak Tidur

Republikpos, Gorut – Menyikapi adanya dugaan temuan tenaga kerja asing (TKA) kepada PT SEVC (Sanghai Electric Power Kantraksi) yang mempekerjakan TKA sebagai buruh kasar pada PLTU Tomilito yang berlokasi di desa tanjung karang. Wakil Bupati gorut, Thariq Modanggu turut memberikan pernyataan atas  dugaan temuan tersebut.

Wabup thariq saat diwawancarai menyatakan, sesuai dengan amanat UUD 23 Tahun 2014 Tentang Pengawasan Ketenagakerjaan saat ini sudah menjadi kewenangan dari pihak Disnakertrans Provinsi Gorontalo, olehnya adanya tudingan pemda Gorut hanya tidur menyikapi temuan TKA tersebut dinilai merupakan hal yang tidak benar.

“Karena sehari sebelum kejadian ditemukannya sejumlah tenaga asing yang berusaha melarikan diri pada saat dilakukan sidak oleh salah seorang aleg deprov, pihak Disnakertrans Gorut sebelumnya telah menyurati pihak Kanwil Imigrasi Gorontalo terkait adanya keberadaan TKA di lokasi tersebut,” ujar Thariq.

Sebelum adanya temuan TKA di lokasi pekerjaan, pihak Disnakertrans Gorut sebelumnya sudah menyurati Kanwil Imigrasi Gorontalo, akan tetapi surat yang telah dikirimkan itu tidak mendapat balasan.

“Kami  juga heran, pada saat pengecekan yang dilakukan oleh pihak Kanwil Imigrasi bersama salah seorang aleg deprov, kami dari pihak pemda gorut tidak pernah diberitahu,” ungkap Thariq.

Thariq juga menambahkan, guna menindak lanjuti dugaan adanya TKA ilegal yang dipekerjakan oleh pihak perusahaan, pihak pemerintah daerah selanjutnya akan melakukan pengecekan secara langsung di lokasi pekerjaan, terhadap seluruh tenaga kerja yang ada dilokasi.

“Dalam waktu dekat, kami akan lakukan kroscek langsung di lapangan, dan jika memang terbukti ada TKA asing yang dipekerjakan yang tidak. mempunyai dokumen lengkap, kami dari pemerintah daerah juga akan mengambil langkah tegas dalam menyikapi permasalahan ini,” pungkasnya.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top