Pengawasan TKA Asing Perlu Ditingkatkan – REPUBLIKPOS.COM
Gorontalo Utara

Pengawasan TKA Asing Perlu Ditingkatkan

Republikpos, Gorut – Pengawasan terhadap orang asing di Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) diharapkan oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorut, Djafar Ismail harap dimaksimalkan sesuai dengan fungsi dan kewenangannya.

Menurut Djafar, beberapa waktu lalu sempat heboh di media online terkait dengan keberadaan tenaga kerja asing di daerah ini.

“Untuk itu, diharapkan kepada instansi teknis terkait untuk dapat melakukan upaya-upaya ataupun langkah terkait dengan keberadaan tenaga kerja asing di daerah ini sesuai dengan fungsi dan kewenangan yang dimiliki,” ungkapnya.

Daerah juga kata Djafar harus memiliki data terkait tenaga kerja baik itu tenaga kerja lokal, apalagi tenaga kerja asing.

“Data tersebut tentu sangat bermanfaat nantinya dalam hal pengawasan yang akan dilakukan nantinya dan juga untuk kepentingan lainnya,” tegas Djafar.

Sementara itu, Kadis Nakertrans Kabupaten Gorut, Efendi Mobilingo menegaskan bahwa terkait dengan keberadaan tenaga kerja asing di daerah ini, pihaknya telah menyurat ke instansi yang memiliki kewenangan.

“Hanya saja ketika dilakukan tindakan, koordinasi dengan kami yang ada di daerah itu tidak ada. Padahal sebelumnya telah kami surati. Kewenangan daerah dalam hal ini tatarannya hanya pada memfasilitasi,” tegasnya.

Disisi lain Wakil Bupati Thariq Modanggu menegaskan bahwa persoalan yang mencuat ini dikarenakan komunikasi dan koordinasi yang tidak berjalan dengan maksimal.

“Kami tidak tidur, malahan sudah ada tindakan lebih dulu dengan menyurat instansi yang memiliki kewenangan sesuai amanat regulasi, hanya saja ditingkatan penindakan, tidak ada komunikasi,” tegasnya.

Untuk itu, Thariq menegaskan bahwa kedepan koordinasi dan komunikasi antar organisasi pemerintahan dalam setiap tingkatan diharapkan dapat terbangun dengan optimal

“Agar dalam implementasi regulasi juga berjalan maksimal tanpa ada pihak yang merasa tersinggung,” tandasnya.

Pewarta: Matris Salim

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top