Perlunya Perbaikan Aspek Finansial dalam Proyek KPBU dan RSUD Ainun Habibie Gorontalo - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Provinsi Gorontalo

Perlunya Perbaikan Aspek Finansial dalam Proyek KPBU dan RSUD Ainun Habibie Gorontalo

Republikpos, Jakarta – PT PII atau PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) dihimbau untuk mengeluarkan Surat Persetujuan mengenai Kelanjutan Tahapan atas Proyek KPBU dan RSUD Ainun Habibie Gorontalo dalam Rapat Koordinasi Pembahasan Progres pada 8 April 2019 di Ruang Rapat Djunaedi Hadisumarto 4, Kementerian PPN/Bappenas.

Persetujuan yang bersifat sementara ini akan digunakan sebagai materi pembahasan dengan DPRD Provinsi Gorontalo.

Rapat yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Direktur Utama PT PII, Konsultan PT. Sarana Antarnusa Perekayasa, Tim Simpul & KPBU Provinsi Gorontalo, serta Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Gorontalo.

“Rapat ini membahas mengenai salah satu klausa di dalam regulasi yang menyebutkan bahwa PT PII diamanatkan untuk melakukan analisa terhadap kelayakan teknis dan finansial,” imbuh Kepala BAPPEDA Provinsi Gorontalo, Budiyanto Sidiki.

Budiyanto juga menambahkan bahwa amanat regulasi ini diberikan agar PT PII dapat memberikan jaminan kepada para investor terhadap adanya resiko politik. Hal ini diantisipasi agar resiko ini tidak berimbas pada kelangsungan pembayaran Availability Payment atau Pembayaran atas Ketersediaan Layanan.

Sementara itu, Kepala Bidang Ekonomi BAPPEDA Provinsi Gorontalo, Dr Ariyanto Husain menambahkan bahwa Pihak Pemerintah Provinsi Gorontalo akan terus melanjutkan tahapan yang sudah dimulai, antara lain PQ, dan Lelang, serta akan melanjutkan Pemilihan Badan Usaha sebagai tahapan terakhir.

Menurutnya, jaminan dari PT PII pada tahapan saat ini dianggap sebagai salah satu syarat yang diminta DPRD Provinsi Gorontalo untuk mengeluarkan persetujuan AP dari Proyek RSUD Ainun Habibie Gorontalo tersebut.

Pada akhir rapat, semua pihak berharap agar aspek finansial dari proyek ini dapat terus diperbaiki dan saling dikomunikasikan.

Pewarta: Zaitun Nurazizah

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top