Terima Bantuan 20 Ribu Bibit Cengkeh, Wabup Thariq: Ini Berkah Bagi Kami – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Terima Bantuan 20 Ribu Bibit Cengkeh, Wabup Thariq: Ini Berkah Bagi Kami

Wakil Bupati Gorut,Thariq Modanggu saat menerima bantuan bibit cengkeh

Republikpos, Gorut – Wakil Bupati Gorontalo Utara (Wabup Gorut) Thariq Modanggu mengaku mengapresiasi bantuan dari BPTP (Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Gorontalo) provinsi Gorontalo yang disamping memberikan benih cengkeh sebanyak 20 ribu, juga memberikan benih padi. Hal ini disampaikan Thariq Modanggu usai menghadiri Penyerahan Sertifikat Pendaftaran Varietas Lokal Gorut dan Penyerahan Bantuan Bibit Cengkeh secara simbolis serta Rapat Hambur Tanam Musim Tanam 2019 yang dilaksanakan di  Halaman Dinas Pertanian dan Holtikultura Kab. Gorontalo Utara, Kamis (4/4/2019).

Dengan adanya rapat hambur benih ini Wabup Thariq mengharapkan ada keseragaman dan ketaatan dengan hasil rapat, sehingga ini benar-benar bisa menjadi dasar yang kuat atau menjadi pijakan yang kuat bagi peningkatan produksi pertanian.

“Ini menjadi penting, karena salah satu rekomendasi dari Musrenbang Regional, disampaikan langsung oleh Kepala Bappenas, bahwa salah satu kontribusi, sehingga provinsi Gorontalo masih ada di atas rata-rata nasional untuk pengentasan kemiskinan, salah satu rekomendasinya adalah peningkatan pertanian. Jadi dengan peningkatan pertanian itu, ini diharapkan memberikan kontribusi terhadap penurunan angka kemiskinan. Karena lebih dari 50 persen masyarakat Gorut itu, kurang lebih 51 persen menurut data BPS itu adalah petani. Sehingga dengan bibit berkualitas dan penetapan masa tanam yang tepat ini akan memberikan dampak terhadap peningkatan produksi pertanian,” papar Thariq.

Terkait dana tunggu bagi petani, jelang panen, Wabup Thariq mengungkapkan saat ini sudah tersedia anggaran kurang lebih Rp 2,1 miliar untuk tahap I di tahun 2019 ini.

“Hanya saja saat ini tinggal dirancang soal teknis pencairannya, termasuk regulasi yang mengatur itu dalam bentuk peraturan kepala daerah,” tandasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh ketua kelompok tani dan Banbinsa serta tim teknis.

Pewarta: Matris Salim

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top