DPRD Soroti Fenomena Penyakit Diare Biawu -Tolinggula - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

DPRD Soroti Fenomena Penyakit Diare Biawu -Tolinggula

alterntif text

Republikpos, Gorut – Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) diharapkan untuk dapat bertindak cepat dan segera mencari penyebab atas musibah penyakit Diare yang melanda Kecamatan Biau dan beberapa desa di Kecamatan Tolinggula, sebagaimana yang disampaikan oleh aleg Golkar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorut, Hitler Datau menindak lanjuti atas musibah yang melanda masyarakat di dua kecamatan tersebut yang terserang diare secara tiba-tiba dan masal.

Atas kejadian tersebut puluhan warga yang harus dirawat di puskesmas terdekat baik rawat jalan maupun rawat inap, bahkan ada yang harus sampai dirujuk ke Rumah Sakit MM Dunda.

“Kejadian ini tentu harus mendapatkan perhatian yang serius dari pemerintah daerah, pasalnya kejadiannya secara tiba-tiba dan terjadi secara masal. Untuk itu, pemerintah daerah melalui instansi teknis terkait dapat segera menelusuri apa yang menjadi penyebab dari terjadinya musibah tersebut,” ungkap Hitler.

Hingga Senin (1/4/2019) kata Hitler, masih ada juga masyarakat yang datang berobat lagi ke Puskesmas Biau, hal ini kata aleg Golkar tersebut menandakan bahwa wabah Diare ini masih terus berlanjut.

“Untuk itu penanganan atas wabah penyakit yang satu ini harus diseriusi dan segera saja dicari apa yang menjadi penyebabnya,” tegasnya.

Jika apa yang menjadi penyebab atas wabah yang merebak di masyarakat tersebut sudah jelas, maka pemerintah daerah diharapkan untuk dapat segera menyusun langkah strategis apa yang akan dilakukan.

Ditempat terpisah, aleg DPRD Gorut dari fraksi Partai persatuan pembangunan (PPP) Matran Lasunte juga mengomentari wabah penyakit tersebut.

 

“Jika sudah diketahui penyebabnya dengan pasti,dalam menyikapi permasalahan ini, pemerintah daerah dalam hal ini dinas kesehatan, diharapkan dapat dengan segera menyusun strategis¬†Entah itu melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait apa yang harus dilakukan untuk menghadapi wabah diare ini atau melakukan tindakan pencegahan lainnya,” ujar Matran .

Terhadap penderita Diare yang saat ini masih dirawat baik Rawat Jalan maupun Rawat Inap diharapkan untuk dapat terus dilakukan pemantauan.

“Begitu juga dengan fasilitas maupun obat-obatan yang dibutuhkan diharapkan untuk tetap tersedia, sehingga baik para penderita maupun masyarakat lain yang membutuhkan perawatan dapat segera tertolong. Dan kepada semua pihak yang membantu tentu sangat diapresiasi,” pungkas Matran.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top