Bahas Limbah Rumah Sakit dan Puskesmas, HAKLI Gelar Seminar di Pohuwato – REPUBLIKPOS.COM
Pohuwato

Bahas Limbah Rumah Sakit dan Puskesmas, HAKLI Gelar Seminar di Pohuwato

Republikpos, Pohuwato – Kabupaten Pohuwato menjadi tuan rumah dalam Seminar Nasional dan Temu Akbar yang diadakan oleh Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (HAKLI) dan Ikatan Alumni Kesehatan Lingkungan (IAKLI) se-Indonesia Timur pada Jumat (29/03) di Marina Beach Resort Pantai Pohon Cinta Marisa.

Dalam acara yang bertema mewujudkan pengelolaan limbah medis rumah sakit dan puskesmas yang memenuhi standar, Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga menyambut sejumlah tamu penting seperti Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo perwakilan Kabupaten Boalemo, Direktur Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO, ahli kesehatan dan peserta daerah berbagai daerah.

Syarif Mbuinga menyampaikan fakta yang terjadi saat ini, rumah sakit belum bisa mengelola limbahnya sendiri dikarenakan belum ada alat yang memadai.

“Saat ini rumah sakit dan puskesmas belum mengelola limbah rumah sakit sesuai dengan standar dikarenakan belum adanya alat yang memadai. Faktanya hanya rumah sakit dan puskesmas hanya bisa mengelola sebagian kecil dari limbah yang dihasilkan, sedangkan limbah rumah sakit yang termasuk limbah berbahaya terus bertambah,” ujar Syarif.

“Daerah lain memanfaatkan bantuan pihak ketiga yang berasal dari luar daerah maupun luar negeri, dimana mereka sudah punya alat untuk mengelola limbah rumah sakit namun belum ada izin lingkungan hidup,” tambahnya.

“Untuk mencapai hasil dimana rumah sakit dan puskesmas dapat mengelola limbahnya sendiri sesuai standar, diperlukan perencanaan yang matang baik dari rumah sakit dan puskesmas itu dan pemerintah daerah,” pungkasnya.

Pewarta: Larasati Widya

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top