Rusli: 3 Syarat Untuk Mencapai 2 Juta Ton Produksi Jagung Sebagai Berikut - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Rusli: 3 Syarat Untuk Mencapai 2 Juta Ton Produksi Jagung Sebagai Berikut

alterntif text

Republikpos, Gorontalo – Meski jagung meningkat di Gorontalo makin meningkat, namun tak bisa dipungkiri mencapai 2 juta ton tahun 2019 ini semakin mudah.

Untuk itu Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyebut ada tiga syarat ingin produksi jagung Gorontalo mencapai 2 juta ton tahun 2019 ini, hal ini ia sampaikan saat panen jagung di Desa Imbodu, Kecamatan Randangan, Kabupaten Pohuwato, Senin (18/3/2019).

Angka yang diberikan pada target yang diberikan oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Saat berkunjung ke Gorontalo akhir Februari lalu.

“Alhamdulillah produksi jagung kita terus naik. Dari 1,5 juta menjadi 1,7 juta. Saya ditantang untuk meningkatkan produksi menjadi 2 juta ton. Saya sampaikan ke pak menteri, boleh asal pak menteri bantu kami. Bantuannya seperti apa? Benih jagung harus tepat waktu, subsidi pupuk harus ada di kios-kios, alsintan (alat mesin pertanian) harus semakin diperbanyak, ”jelas Rusli.

Total lahan jagung yang siap panen di desa Imbodu seluas 25 hektar. Produksinya bertaruh sebesar 137,816 ton. Gubernur Rusli berharap usai panen petani segera menerima bantuan benih jagung gratis dari pemerintah.

“Benihnya mau disampaikan Maret ini atau nanti saat April? Kata pak kadis masih mau di seleksi lagi. Saya bilang tolong didata calon penerimanya. Jangan sampai petani yang kaya masih kita bantu, ”imbuhnya.

Usai menggarap hasil panen jagung bersama istri Idah Syahidah, Rusli mengirimkan bantuan benih kepada petani se-Kabupaten Pohuwato. Untuk bermain I ada 10.238 ha lahan yang di Intervensi untuk 309 kelompok persetujuan Rp. 6.757.740.000.

Khusus untuk Kecamatan Randangan lahan jagung seluas 5.222 ha untuk 185 kelompok alokasi Rp. 3.446.520.000. Ada pula bantuan bibit kelapa sebanyak 2.500 pohon.

Pewarta: Widya Rizky

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top