Buka Penyusunan KLHS RPJMD 2019-2023, Wabup Tekankan Nilai Akademis - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Buka Penyusunan KLHS RPJMD 2019-2023, Wabup Tekankan Nilai Akademis

wakil bupati gorut, thariq modanggu saat membuka penyusunan KLHS RPJM. senin (18/3/2019)
alterntif text

Republikpos, Gorut – Wakil Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu berharap proses penyusunan dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (KLHS RPJMD) Kabupaten Gorontalo Utara 2019 – 2023 yang sementara disusun dapat melahirkan dokumen yang benar-benar bernilai akademis.

Sebagaimana penyampaiannya saat membuka Kick Off Meeting dan pembentukan tim penyusun KLHS RPJMD 2019 – 2023 yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gorut, Senin (18/3/2019) kemarin.

“Ini sebagai starting poin yang sangat penting bagi kita. Menurut saya selain ini sebagai kebutuhan terhadap perintah undang-undang 32 tahun 2009 tentang perlindungan pengolahan lingkungan hidup, ini juga memberi jaminan terhadap keberhasilan dan keberlanjutan lingkungan hidup di Gorontalo Utara,” tutur Thariq.

Oleh karena itu, diawal penyusunan ini Wakil Bupati Thariq Modanggu, memberi penegasan dan mengajak semua pihak yang terlibat dalam proses penyusunan dokumen dapat merumuskan dengan baik hingga melahirkan produk.

“Bukan hanya untuk kebutuhan dokumen secara rutinitas saja, karena biasanya pengujian produk secara akuntabel itu yang penting sudah ada dokumennya. Bagaimana isinya, saya kira undang-undang keuangan tidak mengatur soal itu. Maka, ini yang tak boleh terjadi. Kami berharap sekali lagi dan termasuk saya akan menjaga ini, RPJMD itu saya bawa-bawa. Saya pikir seperti saya memeriksa skripsi dan tesis. Satu huruf pun saya baca, saya pelajari,” ujar Thariq.

alterntif text

Sehingga diawal ini, Thariq mengingatkan, agar kiranya kehadiran tenaga ahli dari UNDP (United Nations Development Program) sebagai suatu bentuk perhatian pemerintah pusat kepada daerah, termasuk kehadiran tim dari UNG (Universitas Negeri Gorontalo).

Bahwa dokumen ini bukan semata-mata pemenuhan administrasi bahwa kalau tidak ada ini, tidak dibayar gaji Bupati dan Wakil Bupati.

“Tapi, lebih kepada benar-benar sesuai dengan tagline kita. Jadi ada dua motto yang dilaunching saat apel perdana, pertama Rp. 1 produktif, artinya ini sebagai spirit bagi kita untuk benar-benar memastikan bahwa keuangan daerah menjadi kewenangan kita, baik dari pusat maupun dari daerah, benar-benar kita manfaatkan secara produktif. Yang kedua, bangga berprestasi, artinya ada kebanggaan kita melahirkan sebuah dokumen perencanaan dalam hal ini KLHS RPJMD menjadi satu kebanggaan bagi kita telah menghasilkan sebuah produk perencanaan, sebuah produk kajian lingkungan yang benar-benar bisa kita uji secara empirik,” jelas Thariq.

Diakuinya, sebenarnya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah biasa melakukan hal-hal seperti ini setiap tahun. Akan tetapi, kehadiran tim dari UNDP dan UNG tak lain untuk membantu dalam rangka memberikan muatan-muatan akademis, muatan-muatan ilmu pengetahuan dalam proses pembuatan dokumen ini.

“Jadi kami berharap kehadiran dari tenaga ahli, maupun akademisi, itu benar-benar memberikan bobot akademis dalam proses kelahiran dokumen ini,” pungkasnya

Pewarta : Matris Salim

 

alterntif text
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top