Sekda Beri Apresiasi Khusus Kerajinan Kupiya Karanji di Sumalata Timur – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Sekda Beri Apresiasi Khusus Kerajinan Kupiya Karanji di Sumalata Timur

Ridwan Yasin (sekda Gorontalo utara) saat bertemu langsung kelompok masyarakat pengrajin Kupiya Karanji yang ada di Kecamatan Sumalata Timur

Republikpos, Gorut –  Sekretaris Daerah kabupaten Gorontalo Utara, Ridwan Yasin,SH,MH menyampaikan, hasil kerajinan Kupiya Anyaman Karanji untuk daerah Kabupaten Gorontalo Utara harus terus dikembangkan tidak hanya di Lingkungan dan jajaran Pemerintah daerah saja, akan tetapi seluruh warga masyarakat Gorontalo Utara pada umumnya.

Hal tersebut diungkapkan Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin saat bertemu langsung kelompok masyarakat pengrajin Kupiya Karanji yang ada di Kecamatan Sumalata Timur dalam rangka Kegiatan Event Wisata Bahari Tahun 2019 yang dilaksanakan di objek Wisata pulau Dionumo, Kabupaten Goromtalo Utara, (16/3/2019) kemarin.

Sekda yang didampingi Istri yang juga Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Gorontalo Utara ini sangat tertarik dengan hasil dan juga proses pembuatan Anyaman Kupiya Karanji oleh kelompok masyarakat Pengrajin di Sumalata Timur ini.

Sekda menjelaskan Kerajinan anyaman Kupiya Karanji perlu dikembangkan dan juga dilestarikan sebab kerajinan tersebut merupakan ciri khas dan Identitas masyarakat Gorontalo.

“Ya, melestarikan Kupiya Karanji menjadi keharusan jika perlu seluruh  ASN di seluruh OPD di dorong untuk itu. Saya berharap kepada para pengrajin Kupiya Karanji agar tetap semangat dalam melahirkan produksi yang berkualitas dan mampu bersaing dengan daerah lain,” ungkap Sekda Ridwan Yasin.

Selain itu juga, pemerintah daerah melalui Bupati Gorontalo Utara telah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh ASN untuk wajib menggunakan Kupiyah karanji saat bekerja.

Namun, Sekda menilai tidak banyak pula ASN yang mengindahkan Surat edaran tersebut. Sehingganya perlu ada penekanan dan penegasan yang lebih kepada ASN untuk dapat mendorong dan menjadi contoh yang baik bagi masyarakat dalam hal peningkatan Produksi Kerajinan Karanji di Gorut.

“Ya, harus ada kesadaran dari diri sendiri  sebagai wujud nyatakan dalam bentuk inovasi dan kreasi serta mendorong peningkatan Produksi kerajinan kelompok masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Gorut. Dan saya minta Dinas terkait seperti Koperindag Gorut dapat memfasilitasi dan memberikan bantuan maupun Program peningakatan kerajinan Kupiya Karanji di Gorut,” pungkas Sekda Ridwan Yasin.

Pewarta : Matris Salim

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top