APBD Mengalami Peningkatan, Kegiatan Assessment Penganggaran Dana TKDD Digelar – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

APBD Mengalami Peningkatan, Kegiatan Assessment Penganggaran Dana TKDD Digelar

Republikpos, Limboto – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo secara resmi membuka kegiatan Assessment Penganggaran Dana Transfer Ke Daerah Dana Desa (TKDD) Tahun 2020 di mercure Hotel Manado , pada beberapa waktu lalu Jumat (15/3/2019).

Saat ini APBD Pemerintah Kabupaten Gorontalo terus mengalami peningkatan, tahun 2016 anggaran berkisar 1,2 triliun sekarang mencapai 1,5 triliun bahkan lebih.

“Itu menunjukan kegiatan assessment penting dilaksanakan karena ada hasil untuk pembangunan di daerah,” kata Nelson.

Kegiatan ini dilakukan tentu dalam rangka sinkronisasi, sejak awal terutama arah bagaimana perencanaan juga keuangan dari pusat dengan melakukan penyamaan di daerah.

Kegiatan ini juga, dalam rangka melakukan evaluasi sebelumnya, baik dari Bappenas maupun keuangan beberapa hal yang harus dievaluasi melihat kekurangan-kekurangan yang ada sambil juga melihat kebijakan tahun depan.

“Tadi banyak hal yang dipaparkan dari keuangan hal dipersiapakan sejak awal. dan ini yang akan disampaikan kepada seluruh Pimpinan OPD. Daerah ini tidak bisa lepas dari pemerintah pusat, bangsa karena kalau daerah kuat maka bangsa juga akan kuat,” ungkap Nelson.

Nelson membeberkan pemerintah daerah melakukan proses pembangun, tidak hanya mengandalkan dana anggaran pendapatan belanja daerah (APBD), dana alokasi umum (DAU), dan dana alokasi khusus (DAK ) , tapi juga memberi ruang kepada dana-dana lain termasuk dana dari luar negeri.

Oleh karena itu juga, kami butuh informasi kaitannya kebijakan diluar dana pemerintah.

“Alhamndulillah, di Kabupaten Gorontalo, tiga tahun terakhir dana investasi terus naik. Tahun 2016 150 miliar, tahun 2017 menjadi 1,4 triliun dan tahun 2018 menjadi 1,8 triliun. dan ini searah yang diharapkan presiden bagaimana pengembangan dana diluar pemerintah,” beber Nelson.

Selain mendorong investasi, kita juga mendorong dana dari perbankan dan saat ini sebesar 7 triliun guna menopang pembangunan di daerah, bahkan tahun kemarin saja ada 500 miliar didorong untuk masyarakat.

Untuk itu, bagi Pimpinan OPD mengikuti kegiatan dengan baik termasuk kepada bappenas dan kementerian keuangan untuk memberikan informasi sebanyak-banyaknya untuk menyelesaikan berbagai problema masyarakat Kabupaten Gorontalo.

“Kembali dari kegiatan ini, pimpinan OPD mengevaluasi kekurangan dan merancang progres pembangunan ke arah lebih baik lagi.

Untuk diketahui, Pada kegiatan itu menghadirkan dua nara sumber diantaranya, Donny Suryatmo Priyandono selaku Kasubdit dana alokasi umum ditjen perimbangan keuangan Kementerian keuangan RI dan Firmansyah, SE ,kasubdit alokasi pendanaan pemerintah daerah.

Pewarta : Widya Rizky

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top