Sekda Gorut: Validasi Data Itu Penting - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Gorontalo Utara

Sekda Gorut: Validasi Data Itu Penting

Republikpos, Manado – Dalam rangka pengawasan pelaksanaan pembangunan baik dalam kemajuan fisik dan keuangan sebagai wujud dari transparansi dan keterbukaan publik di Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Pemerintah daerah Kabupaten Gorut menggelar Acara Pendampingan dan Penginputan/Bimbingan Teknis e-Monep tingkat Kabupaten Gorontalo Utara tahun 2019, Kamis (7/3) bertempat di Ballroom Hotel Aston Kota Manado, Sulawesi Utara.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Bagian Pembangunan Setda Gorut bekerjasama dengan Biro P2E Provinsi Gorontalo ini menghadirkan seluruh Operator diseluruh OPD, Camat dan Bagian se-Kabupaten Gorut.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Utara, Ridwan Yasin,SH,MH saat membuka acara Bimtek E-Monep tersebut mengungkapkan pentingnya keikutsertaan para Operator, Kasubag Perencanaan, Camat hingga Pimpinan OPD guna memudahkan dan mempercepat proses pelaporan kegiatan pembangunan sehingga dapat meningkatkan efektifitas monitoring evaluasi dan pelaporan.

“Ya, kegiatan pendampingan maupun bimtek ini sangat penting, sebab E-Monep merupakan wadah untuk percepatan Proses pelaksanaan pembangunan khususnya yang menyangkut jalannya program maupun kegiatan pembangunan di daerah Gorut,” ungkap Sekda Ridwan Yasin ini.

Lebih lanjut, panglima ASN ini menjelaskan kegiatan pendampingan dan penginputan e-Monep yang melibatkan biro P2E Provinsi dimaksudkan untuk menambah pengetahuan tentang berbagai perubahan dan penambahan menu dan cara penginputan pada sistem aplikasi terbaru.

“Tentu perlu ada penyesuaian dan bimbingan dari teman-teman yang ada di P2E Provinsi tentang penggunaan sistem aplikasi terbaru dari e-Monep. Sehingganya, para Operator yang ditugaskan menginput data di OPD maupun di Kecamatan harus menghasilkan data yang valid dan akuntabel. Sebab pada pelaksanaan rakorev nanti sudah akan menggunakan data dari E-Monep,” jelas Sekda Gorut ini.

Olehnya, Sekda meminta dari Kegiatan ini dapat menghasilkan peningkatan Kapasitas dan kualitas para operator E-Monep yang berkompeten dan mampu melaporkan setiap progress pelaksanaan kegiatan melalui penginputan pada aplikasi E-Monep secara berjenjang.

“Saya minta keseriusan kita semua dalam kegiatan E-Monep ini. Karena data dari aplikasi ini nantinya akan di evaluasi pada rakorev,” pungkas Sekda.

Sementara itu, Plt. Kepala Bagian Pembangunan Setda Gorut, Haris Latif menjelaskan bahwa kegiatan pendampingan dan penginputan E-Monep ini digelar untuk menyesuaikan pada berbagai perubahan dan penambahan fitur aplikasi E-Monep.

“Sehingganya, perlu ada sosialisasi, Pengawasan, Suport dan pendampingan pada E-Monep tahun ini”,ungkap Kabag Pembangunan Gorut ini.

Sehubungan dengan percepatan proses penginputan program, target belanja dan realisasi belanja dari tiap-tiap OPD, maka pihaknya telah melakukan berbagai tahapan pelaksanaan mulai dari Pra E-monev pada bulan Februari, hingga persiapan kegiatan pada hari ini.

Bimtek ini digelar selama 4 hari, sejak tanggal 6 s/d 9 Maret.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top