Di Hadapan Wagup, Thariq Paparkan Program Prioritas Gorut – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Di Hadapan Wagup, Thariq Paparkan Program Prioritas Gorut

Republikpos, Gorut – Fokus pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo Utara pada tahun 2019 masih tetap pada program penekanan angka kemiskinan di daerah.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu kala mendampingi Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim dalam agenda kunjungan Pemerintah Provinsi Gorontalo, Evaluasi Program Kegiatan Tahun 2018 dan Pemaparan Program Kegiatan tahun 2019, Senin (25/2) kemarin.

Bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Gorut ini, Wabup Thoriq Modanggu dalam paparannya mengutarakan bahwa angka kemiskinan di Gorut setiap tahunnya terjadi penurunan.

“Angka kemiskinanan di Gorut saat ini sebesar 18,54 persen atau kurang lebih 6.625 rumah tangga miskin. Angka ini mengalami penurunan dari sebelumnya 19,23 persen pada tahun 2017,” ungkap Wabup Thariq.

Sehingganya, untuk program tahun 2019 ini pemerintah daerah fokus pula pada peningkatan kualitas program yang benar-benar menyentuh kebutuhan masyarakat miskin.

“Program visi misi kami yakni ceria menjadi barometer kami dalam menekan angka kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Wabup Thariq.

Sementara, untuk evaluasi program tahun 2018, Wabup mengungkapkan persentase serapan anggaran tahun 2018 mencapai 93, 42 persen lebih.

Olehnya Thariq berharap melalui sinkronisasi program pembangunan bersama pemprov Gorontalo akan mempercepat terwujudnya visi Gorontalo Utara Ceria, Unggul, dan Sejahtera di poros maritim utara Indonesia.

Sementara itu dalam sambutannya Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim menjelaskan bahwa kegiatan evaluasi program tahun 2018 dan pemaparan program kegiatan tahun 2019 ini merupakan bentuk sinergitas dan sinkronisasi program pemerintah provinsi dengan pemda Gorut. Hal tersebut dimaksudkan guna mencegah program yang tumpang tindih.

“Diharapkan program pemerintahan harus mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelayanan kepada masyarakat, menjaga keamanan dan ketertiban sesuai ketentuan perundang-undangan. Selain itu, orang nomor 2 di provinsi ini mengungkapkan ASN harus mampu dalam kerja-kerja yang nyata disertai kemampuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menekan Inflasi, dan mampu menurunkan angka kemiskinan, serta rakyat itu harus punya pendapatan.

“Gerak ekonomi rakyat saat ini masih tergantung pada Belanja pemerintah. Hal ini yang perlu menjadi perhatian kita semua,” tambah Wagub.

Idris pun berharap tender lelang proyek dapat segera dimulai. Agar manfaatnya bisa dirasakan masyarakat.

Pewarta: Matris Salim

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top