Mengenal Lebih Dekat Pemangku Radja Besar Gorontalo - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Mengenal Lebih Dekat Pemangku Radja Besar Gorontalo

alterntif text

Republikpos, Jakarta – Nama Rudy Wahab tentu tak asing lagi bagi masyarakat Gorontalo sudah tidak. Belum lama ini ia baru saja dilantik sebagai Pemangku Radja Besar Gorontalo.

Pemeran “Syekh Abu Bakar” dalam film berjudul sama ini banyak mengalami hal yang mengejutkan dalam perjalanan karirnya.

Rudy Wahab merupakan anak bungsu dari bupati pertama gorontalo (saat itu masih menjadi bagian Sulawesi Utara) Akhmad A. Wahab.

Dikenal sebagai seorang ulama oleh Sultan Aceh, ia mengaku kaget saat tiba-tiba diangkat menjadi salah satu Panglima Raja Aceh dengan gelar “Teungku Beuntara Seutia” ketika berkunjung ke Aceh pada Januari 2018.

“Saya ke Aceh itu niatnya cuma mengantarkan, namun tiba-tiba ada acara tambahan dan nama saya dipanggil jadi salah satu Panglima Raja Aceh. Dan ternyata Raja Aceh sudah melakukan serangkaian renungan yang membuatnya mantap mengangkat saya dengan gelar Teungku atas jasa menjayakan perjuangan Islam di tanah Melayu Nusantara,” tuturnya.

“Kemudian setelah dilantik, saya diundang di Kendal Jawa Tengah oleh Sri Prabu Mataram dan saya juga diberi gelar dari Kerajaan Jawa,” tambahnya.

Pada September 2018, Rudy Wahab kembali dilantik oleh Raja Aceh menjadi Panglima Nusantara untuk Gorontalo.

Dan pada 17 Februari 2019, pria yang pernah mendapatkan DAN V untuk seni bela diri dari Panglima Kerajaan Korea ini, akhirnya dilantik sebagai Pemangku Radja Besar Gorontalo untuk mendampingi Raja Aceh sebagai pemimpin Serambi Mekkah dan Serambi Madinah.

Pewarta: Larasati Widya

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top