Thariq Ajak ASN Untuk Kreatif Kelola Sampah - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Thariq Ajak ASN Untuk Kreatif Kelola Sampah

alterntif text

Republikpos, Gorut – Semakin indah satu daerah, maka akan semakin berkurang penyebaran sampah di daerah tersebut.

Hal ini sebagaimana diutarakan Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu pada momen Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tingkat Kabupaten Gorut 2019 yang dilaksanakan di Pasar Jajan Moluo, Kecamatan Kwandang, Gorut, Jumat (22/2) kemarin.

Di sana, ia bersama Asisten III, OPD terkait, serta masyarakat setempat melakukan aksi peduli sampah.

Pada kesempatan itu juga, Thariq mengungkapkan beberapa konsep dalam penanganan sampah.

“Sebenarnya sampah ini penanganannya terbalik. Nah, biar tidak menjadi sampah, maka harus dilihat dari aspek keindahan, semakin indah maka semakin kurang sampah. Begitu juga semakin produktif, semakin berkurang sampah,” jelas Thariq.

Ia pun mengajak aparatur lingkup Pemerintah Kabupaten Gorut untuk mengadu kreativitas dalam pengelolaan sampah yang ada di Gorut. Dan kepada masyarakat, Thariq juga mengajak agar lebih jeli dalam mengelola sampah yang ada.

“Kami telah menyampaikan daftar harga sampah yang diterima oleh Bank Sampah Ceria, yakni Plastik campur 1200/kg, botol oli 1500/kg, aqua gelas dan sejenisnya 1600/kg, ale-ale dan sejenisnya 1300/kg, kertas 750/kg, dan kardus 50/kg,” urainya.

Ketua KPK Gorontalo Utara ini berharap, aksi peduli sampah ini menjadi kampaye kepada masyarakat, tentang betapa berharganya sampah jika bisa dikelola dengan baik.

“Ya, tentu lebih berharga lagi kesehatan kita, sebab itu mari kita jaga kebersihan lingkungan. Kami telah membuat surat tertulis kepada bapak bupati terkait pengelolaan kebersihan ini. Ini juga adalah bentuk kepedulian pemerintah agar meraih Adipura 2019, jadi saya meminta juga agar tidak membakar sampah pada tong besi yang disediakan BLH, sebab itu akan mengurangi penilaian adipura tersebut,” tandasnya.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top