Bupati Indra Lakukan Peletakan Batu Pertama Rumah Sehat Baznas di Desa Bualemo - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Bupati Indra Lakukan Peletakan Batu Pertama Rumah Sehat Baznas di Desa Bualemo

Republikpos, Gorut – Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Indra Yasin menyambut baik program rumah sejahtera oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Gorut.

Hal ini disampaikan Bupati Indra Yasin saat menghadiri peletakan batu pertama pembangunan rumah sejahtera Baznas Gorut di Desa Boalemo Kecamatan Kwandang, Senin (18/2).

“Saya terima kasih banyak Baznas sudah memprogram ini (rumah sejahtera). Tentu ini seiring dengan program pemerintah daerah, untuk membangun rumah-rumah penduduk yang perlu mendapat bantuan pemerintah,” tutur Bupati Indra Yasin.

Diakui Indra, pemerintah Gorut juga mempunyai program sehat mahyani yang dibangun terus untuk masyarakat Gorut, sehingga angka presentase masyarakat yang tidak punya rumah terus diperkecil.

“Mudah-mudahan dengan bantuan ini lebih mempercepat masyarakat yang tidak punya rumah segera memiliki rumah. Makanya program ini bisa dikontrol terus oleh pemerintah desa, terutama Baznas agar bisa selesai,” ujar Bupati Indra.

Dikatakan Bupati Indra Yasin, untuk menekan angka masyarakat berkeluarga yang belum memiliki rumah, pemerintah Gorut setiap tahunnya menyiapkan bantuan rumah sehat mahyani. Dimana, setiap tahun se Gorut, ada sebanyak 549 unit yang diberikan ke semua desa, tapi ternyata itu masih kurang.

Begitu juga dengan jamban keluarga, dimana, pemerintah Gorut menargetkan di 2020 nanti semua masyarakat Gorut, rumah mereka sudah punya jamban.

“Dan saya ingin meraih prestasi itu sama-sama dengan masyarakat Gorut, saat ini presentasenya sudah menghampiri 70 persen. Sehingga, jika ini dipacu terus setiap desa ada 20 jamban keluarga, maka 2020 saya yakin semua desa sudah selesai. Karena memang ada beberapa desa yang sudah selesai semuanya, khususnya di wilayah barat. Nah, ini kita pacu terus dan 2020 saya harap semuanya sudah selesai,” tukas Bupati Indra.

Oleh sebab itu terkait dengan program bantuan rumah ini, selain upaya pemda melalui APBD, tapi Baznas juga didorong dengan bantuan partisipasi, terutama yang sudah punya penghasilan.

“Jadi saat ini baru pegawai yang kita dorong. Kedepan ini, sudah sampai pada aparat desa,” tandasnya.

Pewarta: Matris Salim

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top