Jelang Festival Kelapa Internasional KE-3 2019, Persiapan Terus Dimatangkan - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Jelang Festival Kelapa Internasional KE-3 2019, Persiapan Terus Dimatangkan

Republikpos, Bali – Alasan dipilihnya Kabupaten Karangasem sebagai tempat Perhelatan Festival Kelapa Internasional (FKI) Ke-3 2019, diantaranya karena keindahan alam (Gunung Agung dan persawahan), kekhasan dan kekayaan budaya (Pura Besakih) serta potensi sumber daya alamnya yang melimpah.

Rencananya di Kabupaten yang penuh akan keindahan alamnya ini, bakal ada event-event menarik yang akan diadakan. Beberapa event unggulan tersebut seperti:

1. Expo Produk Kelapa dan Kuliner Kelapa dari seluruh daerah penghasil kelapa.
2. Pemilihan Putri Kelapa Indonesia 2019.
3. Pameran seni dan industri kreatif kelapa.
4. Pemecahan Rekor Muri Kelapa.
5. Pencanangan Taman Mini Kelapa Indonesia di Karangasem (Mini International Coconut Gene Bank). *International Coconut Genebank di Inhil*
6. Seminar Internasional Kelapa. (Coconut for Tourism and Creative Industry)
7. Launching Karangasem sebagai daerah International Coconut Ecotourism.
8. Trip ke obyek2 wisata khas Karangasem.

Hal ini di sampaikan Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo yang juga ketua umum Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (KOPEK) usai melakukan penanaman berbagai jenis kelapa bersama dengan beberapa Bupati Kabupaten penghasil kelapa, para Direktur Organisasi terkait dengan perkelapaan, pemerhati dan petani kelapa bertempat di Taman Ujung Sukasada, Karangasem Bali, Sabtu (16/2).

Setelah penanaman, dilanjutkan dengan peninjauan beberapa lokasi tanaman unggulan Daerah Kabupaten Karangasem, yakni budidaya tanaman seperti jenis salak yang berada di kawasan bukit Pemukuran.

“Kegiatan hari ini merupakan bagian dari seluruh rangkaian rapat pemantapan rencana pelaksanaan Festival Kelapa International, yang bertujuan untuk mendorong kolaborasi antara Koalisi Pemerintah Kabupaten Penghasil Kelapa khususnya Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatra sebagai duta kelapa Indonesia, International Coconut Community, Direktur Executive Mr. URON Salum, seluruh pengusaha yang merupakan pengngkut dan pemantik untuk menjadikan kelapa sebagai SUNRISE COMMODITY,” jelas Nelson.

Pewarta : Widya Rizki Mantau

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top