Curah Hujan Tinggi, Thariq Minta BPBD Siaga - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Uncategorized

Curah Hujan Tinggi, Thariq Minta BPBD Siaga

alterntif text

Republikpos, Gorut – Cuaca  ekstrim yang mengakibatkan hujan deras di sejumlah wilayah Kabupaten Gorontalo Utara diperlukan kesiap-siagaan serta kewaspadaan baik dari pemerintah daerah maupun masyarakat itu sendiri. Hal ini disebabkan karena Gorontalo Utara rawan terjadi banjir dan tanah longsor bila hujan deras terjadi.

Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu mengatakan bahwa curah hujan saat ini cukup tinggi. Bahkan di kecamatan Sumalata, Sumalata Timur, Kecamatan Monano dan Kecamatan Atinggola saat ini sangat rawan banjir dan Longsor yang mengakibatkan masyarakat harus lebih waspada dan berhati-hati.

“Saya minta kepada Badan Pendanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dinas sosial, Dinas Kesehatan dan dinas terkait lainnya untuk siaga 1 X 24 jam,” kata Wakil bupati Gorut Thariq Modanggu belum lama ini.

Akan tetapi dengan kesigapan dari BPBD dan dinas terkait lainnya tanggap darurat sudah dilakukan dan tertangani dengan baik.

alterntif text

“Saya minta kordinasi dan komunikasi yang baik dengan semua pihak tetap terjaga, antara pemerintah desa, lembaga masyarakat, organisasi kemasyarakatan dan masyarakat, sehingga bencana dapat tertangani dengan baik”, tambahnya

Thariq juga menjelaskan bahwa dia selalu memantau perkembangan bencana baik banjir maupun longsor yang terjadi disejumlah wilayah berdasarkan laporan dari masyarakat dan pemerintah desa serta kecamatan se-Gorut.

“Karena itu saya sudah memerintahkan dinas sosial, BPBD dan instansi terkait lainnya untuk segera melakukan bantuan tanggap darurat kepada korban bencana,” jelas Wabup yang kerap disapa Ka Oki ini.

Lebih lanjut Wabup Thariq meminta kepada masyarakat agar bila hujan deras terjadi masyarakat segera menyingkir ke lokasi yang dianggap lebih aman.

“Saya mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk segera meinformasikan kepada pemerintah desa, kecamatan , Kabupaten maupun langsung telpon kepada saya bila terjadi bencana alam”, tegas Wabup Thariq.

Sampai saat ini tidak ada korban jiwa,  namun telah terjadi kerusakan baik rumah disertai kerugian materil lainnya.

Pewarta: Matris Salim

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top