Nelson: Buruh Jadi Motor Penggerak Pembangunan Daerah – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Nelson: Buruh Jadi Motor Penggerak Pembangunan Daerah

Republikpos, Limboto – Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo menegaskan, kaum buruh memiliki peran yang besar dalam proses pembangunan dan peningkatkan kesejahteraan daerah.

Perkembangan Gorontalo,Khususnya Kabupaten Gorontalo, misalanya banyak Perusahaan–perusahaan yang berkembang, Investasi berkembang dan berarti ini butuh pekerja.

“Oleh karena itu, Para pekerja ini menjadi motor penggerak pembangunan,” tegas Bupati Nelson saat ditemui usai menghadiri sekaligus membuka rapat kerja wilayah federasi serikat mental Indonesia (FSPMI ) Provinsi Gorontalo di Grand–Q Hotel, Sabtu (09/02).

Tadi saya, sudah tekankan bahwa, organisasi buruh, organisasi pekerja ini harus terus dikembangkan. karena Kata Nelson,pertama, mereka akan mendorong anggotanya untuk profesional.

Kedua, Nelson mengatakan, ini menjadi media dialogis dengan perusahaan maupun dengan pemerintah.Oleh karena itu, organisasi buruh, organisasi pekerja harus dikembangkan karena mereka menjadi media untuk mengembangkan anggotanya dan mengembangkan dialogis tadi.

Ditanya terkait kesejahteraan buruh di Kabupaten Gorontalo, Nelson yang juga ketua Konfederasi FSPMI Provinsi Gorontalo itu menuturkan, hari ini jika dilihat sudah punya standar UMP dan ini yang harus diikuti.

“Memang kita pahami juga beberapa perusahaan itu merangkap, tapi perusahaan yang sudah besar harus mewajibkan UMP,” pinta Bupati Neslon.

Kami di Pemerintah daerah, terus mendorong termasuk tenaga honor itu adalah pekerja kita juga yang diluar pegawai negeri,”Dan ini yang terus dilakukan,karena kalau pekerja sejahtera berdampak juga nilai tukar mereka termasuk akan membangun ekonomi sehingga berdampak akan penurunan pengangguran,” tukas Nelson.

Nelson menjelaskan,pengangguran di Kabupaten Gorontalo dalam dua tahun terkahir ini mengalami penurunan.Tadinya, 3,6 persen, sekarang tinggal 3, 2 demikian pula kemiskinan.

Selain itu, langkah yang dilakukan tidak sekedar itu,tetapi memberikan BPJS Ketenagakerjaan termasuk memberi ruang. Misalnya di Kabupaten Gorontalo, Bus gratis itu sebenarnya bukan saja untuk para siswa dan mahasiswa tapi juga bagi pekerja.

“Karena gajinya misalnya cuma 1 juta,kebutuhan untuk membayar angkutan seperti bentor saja sudah 600 ribu perbulan. Maka dengan acara begitu, pemerintah Kabupaten Gorontalo mensubsidi dan membantu para pekerja,” ucap Nelson.

Sehingga, ia berharap oragnisasi buruh benar-benar dikembangkan, para buruh atau pekerja harus ikut bergabung pada FSPMI. Karena tidak ada ruginya di situ, berjuang bersama.

“Disitu juga nanti organisasi buruh akan membangun anggotanya melalui profesionalisme dan kalau ada sesuatu yang ingin didorong atau aspirasi maka melalui buruh itu boleh terjadi,” tandas Nelson.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top