Keberadaan Infrastruktur Berpengaruh Pada Ekonomi Rakyat – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Keberadaan Infrastruktur Berpengaruh Pada Ekonomi Rakyat

Republikpos, Gorut – Keberadaan infrastruktur penunjang seperti jalan, sangat mempengaruhi roda perekonomian masyarakat, dan hal tersebut tidak dapat dipungkiri.

Seperti halnya bagi masyarakat Kecamatan Ponelo Kepulauan yang menurut aleg PKS Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Gustam Ismail yang menegaskan bahwa roda perekonomian masyarakat agak lamban.

Menurutnya, di Kecamatan Ponelo Kepulauan tersebut memiliki banyak potensi selain potensi perikanan dan kelautan, juga memiliki potensi perkebunan dan pertanian.

“Potensi pertanian dan perkebunan tersebut mampu mendorong perekonomian masyarakat. Hanya saja belum terkelolah dengan maksimal, sehingga belum mampu mendorong peningkatan perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat” kata Gustam.

Selama ini kata Gustam, hasil pertanian dan perkebunan yang ada seperti halnya kelapa yang produksinya menjadi kopra tentu memiliki nilai ekonomi yang cukup menjanjikan.

“Hanya saja selama ini masyarakat belum secara maksimal mengelolanya, hal tersebut dikarenakan ketersediaan jalan yang merupakan akses yang sangat dibutuhkan belum memadai” kata aleg PKS tersebut.

Perkebunan kelapa masyarakat kebanyakan terletak masuk kedalam, sehingga untuk mengelolahnya membutuhkan waktu, belum lagi ketika telah menjadi kopra dan akan diangkut membutuhkan usaha yang lebih dan juga biaya akomodasi yang lebih.

“Sehingganya hasil pertanian dan perkebunan masyarakat tersebut tidak sebanding dengan yang diharapkan. Begitu juga dengan hasil pertanian lainnya seperti padi sawah maupun hasil lainnya” tegasnya.

Gustam menegaskan bahwa dirinya tetap akan memperjuangkan sesuai dengan jalur yang dimilikinya di legislatif. Dan hal ini tidak akan bosan-bosan akan menyuarakan kebutuhan masyarakat ini sampai nantinya akan terealisasi.

Pewarta: Matris Salim

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top