Maksimalkan Pengawasan, Personil Inspektorat Harus Memadai – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Maksimalkan Pengawasan, Personil Inspektorat Harus Memadai

Republikpos, Gorut – Agar pengawasan tidak minim, maka personil Inspektorat harus memadai sebagai mana yang diharapkan oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Lukman Botutihe.

“Kalau jumlah aparatnya tersebut minim, maka sudah pasti pengawasan internal oleh pihak Pemerintah Daerah juga banyak yang akan terbengkalai,” ujar Lukman.

Lebih lanjut ditegaskan oleh Lukman, banyak program terhadap pengelolaan keuangan daerah yang pastinya dapat memerlukan perhatian khusus dari pihak pengawas internal Pemda, seperti kucuran dana desa yang pengelolaannya banyak diadukan oleh masyarakat desa.

“Jika personil Inspektorat ini tidak mampu untuk memenuhi kecukupan kebutuhan pengawasan terhadap pengelolaan keuangan daerah yang menjangkau seluruh OPD, termasuk 123 Pemdes, jangan heran jika banyak aduan yang terkesan lambat ataupun minim pengawasan,” kata Lukman.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) menambahkan di tahun ini, pihak pemda harus menambah jumlah personil yang bertugas di Inspektorat tersebut dan harus menyusun data agar tidak menjadi alasan lemahnya pengawasan terhadap pengelolaan keuangan.

“Mulai saat ini, pihak pemda harus menyusun data dan keperluan personil, agar kekurangan personil di Inspektorat tidak menjadi alasan terhadap lemahnya pengawasan pengelolaan keuangan daerah,” tegasnya.

Usulan tersebut kata Lukman benar-benar diseriusi oleh pihak Pemda, sebab tugas dan tanggung jawab serta fungsi pengawasan yang diemban selama ini oleh pihak Inspektorat sangatlah besar dan tidak boleh dianggap remeh.

“Kita di DPRD seraya berharap dapat diperlukan tenaga yang lebih handal dan banyak ataupun sesuai kecukupan, untuk meningkatkan pengawasan terhadap pengelolaan keuangan di daerah ini, agar pengelolaan keuangan daerah dapat diatasi dengan baik dan benar,” tandasnya.

Pewarta: Matris Salim

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top