Investor Jepang Tertarik Kelola Sampah di Kabupaten Gorontalo - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Investor Jepang Tertarik Kelola Sampah di Kabupaten Gorontalo

Republikpos, Jakarta – Kabupaten Gorontalo akan kerjasama dengan Jepang terkait pengelolaan sampah dan pembaruan energi. Hal ini disampaikan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dalam audiensi penanaman modal di APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) di Sudirman Sahid Center Jakarta, Jumat (01/02/2019).

Pihak investor Jepang yang akan melakukan investasi pada pertemuan ini adalah PT. Awina Sinergi International yang bermitra dengan Kyuden Mirai Energy. Mereka sangat tertarik untuk kerjasama dengan Gorontalo karena menilai potensi keberhasilan kerjasama tersebut sangat tinggi.

Nelson Pomalingo mengatakan bahwa banyak sektor terkait di Gorontalo yang bisa dijadikan obyek kerja sama.

“Kita butuh banyak dari mereka karena kita daerah industri perkebunan. Banyak sisa-sisa panen jagung yang bisa dijadikan biomassa untuk nantinya dijadikan energi bagi pelabuhan, industri pabrik dan lainnya di Gorontalo. Selain itu juga butuh geotermal dan pembangunan solar panel di danau-danau bisa dimanfaatkan,” ungkapnya.

“Kita juga butuh untuk pengelolaan sampah, terutama untuk pengelolaan sampah rumah sakit yang saat ini kita masih belum maksimal pengelolaannya dan mereka menawarkan bisa mengelola 50 ton sampah, itu cukup mambanntu kita,” tambahnya.

Selain itu, Nelson juga menyampaikan bahwa melalui kerja sama ini akan mendatangkan manfaat lain, “Manfaat lain yang didapat SDM kita dapat digunakan. Saya sih mengharapkan itu, tapi tidak memungkinkan juga ada SDM dari sana juga, tapi nanti kan bisa share teknologi,” ujarnya.

Pewarta: Larasati Widya

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top