Longsor, 5 Jam Akses Jalan Gorontalo – Buol Putus – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Longsor, 5 Jam Akses Jalan Gorontalo – Buol Putus

Republikpos, Gorut – Tingginya curah hujan yang melanda wilayah Gorontalo Utara mengakibatkan longsor di jalan trans Sulawesi di Desa Tolitehuyu, Kecamatan Monano, Kabupaten Gorontalo Utara, pada Selasa (15/1) siang tadi.

Peristiwa ini mengakibatkan akses jalan bagi kendaraan empat maupun roda dua lumpuh total. Hampir 5 jam jalur kendaraan baik menuju Gorontalo maupun Buol terhambat sejak pukul 13.00 wita.

Pemda Kabupaten Gorontalo Utara langsung melakukan langkah preventif guna mengantisipasi terjadinya bencana longsor yang lebih parah.

Sekretaris daerah Kabupaten Gorontalo Utara, Ridwan Yasin, turun langsung ke lokasi bersama Tim Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) yang tiba di lokasi sekitar pukul 14.00 wita.

Setibanya di lokasi, Sekda Ridwan langsung meninjau serta menginstruksikan kepada tim BPBD untuk melakukan pembersihan badan jalan yang tertutupi tanah longsor.

Selain itu, Sekda Ridwan juga langsung menghubungi Kadis PU Gorut untuk mengupayakan bantuan alat berat ke lokasi longsor.

“Ya, saya langsung menuju lokasi sesaat setelah mendapatkan info Tanah longsor di Desa Tolitehuyu Kecamatan Monano ini. Sebelumnya sudah ada Tim BPBD Gorut yang sudah berada di lokasi menyampaikan bahwa penanganan tanah longsor ini harus menggunakan alat berat, sehingganya pihak Dinas PU sudah dihubungi untuk segera mengirimkan alat Beratnya untuk pembersihan badan jalan yang tertutupi Tanah longsor dan juga pohon yang tumbang,” kata Sekda Ridwan Yasin.

Bahkan saat di lokasi, panglima ASN Gorut ini sempat membantu proses evakuasi salah seorang warga ke rumah sakit.

Selain Sekda, Wakil Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu juga datang ke lokasi untuk memastikan bahwa proses pekerjaan pembersihan badan jalan yang terdampak bencana longsor selesai sebelum malam hari.

Pewarta: Matris Salim

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top