Pemprov Gorontalo Jalin Kerjasama 3 Bidang Dengan Korem 133/Nwb – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Pemprov Gorontalo Jalin Kerjasama 3 Bidang Dengan Korem 133/Nwb

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kiri) dan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang (kanan) menyaksikan penandatanganan kerjasama antara Provinsi Gorontalo dengan Komando Resort Militer (Korem) 133/ Nani Wartabone dalam hal pembangunan infrastruktur daerah, di Aula Kusno Danupoyo, Markas Korem 133/Nani Wartabone, Kabupaten Gorontalo, Jumat (11/01/2019). (Foto : Salman-Humas)

Republikpos, Gorontalo – Pemerintah Provinsi Gorontalo menjalin kerjasama dengan Komando Resort Militer (Korem) 133/ Nani Wartabone. Kerjasama ini terdiri dari tiga bidang kerjasama, yakni pembangunan jembatan senilai Rp3,1 miliar dan pembangunan jalan usaha tani senilai Rp2,5 miliar.

Di bidang lingkungan hidup dan kehutanan kerjasama dilakukan dalam hal hutan manunggal. Selain itu pula ada kerjasama di bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman, yakni program pembangunan Rumah Layak Huni (Mahyani) senilai Rp5,6 miliar.

Kegiatan ini yang diintegrasikan dengan dialog bersama Presiden BEM se Gorontalo bertempat di Aula Kusno Danupoyo, Markas Korem 133/Nani Wartabone, Kabupaten Gorontalo, Jumat (11/01/2019), dan dihadiri oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang.

Gubernur Rusli Habibie menjelaskan, program kerjasama ini dilakukan sebagai wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat. Selain itu, pekerjaan infrastruktur tertentu dinilai lebih efektik jika dikerjasamakan dengan TNI bila dibandingkan dengan pihak ketiga.

“Contohnya jembatan Merah Putih NKRI yang sebentar akan diresmikan. Pekerjaannya tahun 2018 lalu . Kita ukur panjangnya kurang lebih 32 meter nilainya Rp1,5 miliar. Seiring perjalanan waktu, ternyata panjangnya 52 meter. Jembatannya tetap dibangun dengan anggaran yang ada bahkan kualitasnya sangat baik,” terang Rusli Habibie.

Sementara itu, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang sangat mengapresiasi kerjasama tersebut. Menurutnya, pembangunan infrastruktur merupakan salah satu bentuk jati prajurit TNI sebagai tentara rakyat. Prajurit yang berjuang demi kepentingan rakyat, dan ikut serta mendorong pelaksanaan pembangunan.

“Hasil evaluasi setiap pelaksanaan Karya Bakti TNI selama ini menunjukkan bahwa tekad dan semangat kebersamaan dan keterpaduan TNI dan rakyat sangat baik. Hal ini diharapkan dapat mewujudkan percepatan pelaksanaan pembangunan terutama di wilayah pedesaan dan terpencil yang selama ini relatif kurang terjangkau,” terang jenderal bintang dua itu.

Usai penandatanganan kerjasama dan dialog bersama unsur mahasiswa, Pangdam bersama gubernur bertolak ke Desa Buhu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo untuk meresmikan pemanfaatan jembatan yang diberinama Jembatan Merah Putih NKRI.

Kegiatan emudian  dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembangunan jembatan di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo.(*)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top