KPU Provinsi Gorontalo Gelar Apel Kesiapan Logistik Pemilu 2019 – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

KPU Provinsi Gorontalo Gelar Apel Kesiapan Logistik Pemilu 2019

Republikpos, Gorontalo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo menggelar apel kesiapan logistik Pemilu 2019 yang dirangkaikan dengan konsolidasi penyelenggara pemilu se Provinsi Gorontalo tahun 2018 di lapangan Sport Center Limboto, Kabupaten Gorontalo, Minggu (23/12/2018). Kegiatan diawali dengan jalan sehat bersama yang mengambil star di depan rumah jabatan Bupati Gorontalo dan finis di lapangan Sport Center Limboto.

Apel kesiapan logistik Pemilu 2019 mendapat apresiasi dari anggota KPU RI, Viryan Azis. Dirinya mengatakan, inovasi yang dilakukan oleh KPU Provinsi Gorontalo memiliki makna strategis dalam kerangka meningkatkan kesiapan KPU, sekaligus menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa KPU siap melaksanakan Pemilu 2019.

“Inovasi ini sederhana, namun memiliki makna strategis sehingga masyarakat akan semakin yakin bahwa KPU bisa menyelenggarakan Pemilu secara berintegritas,” kata Viryan.

Menyinggung penggunaan karton kedap air untuk kotak suara Pemilu 2019, Viryan menjelaskan bahwa kotak suara berbahan karton kedap air bukanlah baru digunakan untuk Pemilu 2019. Tetapi sebelumnya sudah digunakan pada Pemilu 2014, Pilkada 2015, 2017, dan 2018 secara parsial.

“Memang di Provinsi Gorontalo belum pernah digunakan, tetapi di provinsi lain sudah digunakan dan tidak ada masalah. Maknanya adalah kotak suara aluminium dan kotak suara karton kedap air, sama bagusnya, sama kuatnya, dan terbukti tidak ada masalah,” jelasnya.

Terkait berita dan informasi yang viral di media sosial yang mengkritik pihak KPU dalam penggunakan karton kedap air, Viryan mengajak seluruh jajaran KPU bersama Bawaslu, pemerintah, dan aparat Kepolisian untuk bersatu padu meluruskan hal-hal yang tidak benar menyangkut kotak suara tersebut.

“KPU sangat terbuka dengan kritik dan masukan. Yang perlu kita lakukan adalah menjelaskan kepada masyarakat bahwa ini bukanlah hal baru, bisa digunakan dan tidak ada masalah. Masukan dan kritikan kita sikapi secara proporsional dan profesional, semuanya kita tunjukkan dengan kerja-kerja terbaik,” tutur Viryan.

Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, Kapolda Gorontalo Brigjen Pol. Rachmad Fudail, serta sejumlah perwakilan pimpinan Forkompinda Provinsi dan Kabupaten Gorontalo. Apel kesiapan logistik Pemilu 2019 diikuti oleh ratusan peserta dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan KPU Kabupaten/Kota se Provinsi Gorontalo.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top