Pemanfaatan 45 Unit Rumah KAT di Gorut Diresmikan – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Pemanfaatan 45 Unit Rumah KAT di Gorut Diresmikan

Republikpos, Gorut – Sebanyak 45 Rumah Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Desa Tanjung Karang Kecamatan Tomilito, Kabupaten Gorontalo Utara resmi dimanfaatkan oleh sekitar 103 Masyarakat yang ada di Kecamatan Tomilito.

Peresmian bantuan KAT dari Kementerian Sosial RI tersebut diresmikan langsung oleh Direktur Jenderal pemberdayaan Sosial Kemensos RI Bapak Pepen Nazarudin, M.Si mewakili Menteri Sosial RI. Para peresmian Rumah KAT tersebut hadir pula Wakili Gubernur Gorontalo, Idris Rahim, Bupati Gorontalo Utara Dr.Hi.Indra Yasin,SH,MH, Direktorat Kepahlawanan, keperintisan, kesetiakawanan dan Restorasi Sosial (K2KRS), Bapak Hotman, duta KAT RI, Krisna Mukti yang juga Anggota DPR RI, kadis Sosial Provinsi Risjon K.Sunge, Asisten III Gorut, Sofyan Djaidjun, Kadis Sosial Gorut, Suprizal Yusuf, seluruh satuan Tagana Gorut, pekerja sosial Gorut, dan seluruh masyarakat penghuni Rumah KAT dan PKH serta masyarakat penerima bantuan Sosial yang ada di Kecamatan Tomilito.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Indra Yasin dalam sambutannya atas nama pemerintah daerah menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas perhatian Pemerintah Pusat melalui Kemensos RI yang telah menyerahkan bantuan Rumah KAT sebanyak 45 unit bagi masyarakat Gorut khususnya yang ada di Kecamatan Tomilito, Desa Tanjung Karang. Bupati menyampaikan bahwa dengan bantuan senilai 1,4 milyar lebih ini benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Gorut.

“Program Bantuan Sosial KAT ini sangat dimanfaatkan oleh masyarakat dan juga pemerintah daerah Gorut guna memenuhi kebutuhan akan rumah layak huni khususnya yang ada di Pelosok dan daerah terpencil. Selain 45 unit Rumah KAT yang diresmikan hari ini, juga program KAT ini telah dimanfaatkan di 4 desa yang ada di Gorut. Yakni di Desa Koluwoka sebanyak 100 unit tahun 2009, desa Motihelumo 45 unit pada tahun 2012, desa didingga 55 Unit pada tahun 2015, dan hari ini di desa Tanjung Karang 45 unit”,ungkap Bupati Indra Yasin dihadapan Dirjen Kemensos RI Pepen Nazarudin.

Selain itu, Bupati Indra Yasin telah mempersiapkan desa calon penerima bantuan Rumah CAT pada tahun 2019 seperti yang ada di desa Potangga, Kecamatan Biau yang telah masuk pada tahap Diseminarkan sebanyak 55 KK, desa Mutiara Laut, desa Topi dan Desa Puncak Mandiri. Olehnya Bupati berharap Program bantuan KAT ini dapat terus dikucurkan Kemensos RI agar masyarakat Khususnya yang ada di Pelosok dan Wilayah terpencil di Kabupaten Gorut dapat menerima Rumah Layak Huni yang sama dengan Masyarakat Lainnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal pemberdayaan Sosial Kemensos RI Bapak Pepen Nazarudin, M.Si mengucapkan rasa bangga dan terima kasih pula kepada Bupati Gorut Indra Yasin yang selama ini telah membantu serta mengawal Program Kemensos RI hingga benar-benar dapat dimanfaatkan masyarakat Gorut dengan tepat sasaran.

“Ya, tentunya program bantuan Rumah KAT ini takkan ada apa-apanya jika tidak didukung serta dibantu pemerintah daerah dalam hal ini Bapak Bupati Gorut Indra Yasin juga seluruh masyarakat Gorut yang begitu antusias menghadiri acara Pengresmian Rumah KAT Di Desa Tanjung Karang ini. Olehnya atas nama Kemensos RI kami sampaikan terima kasih”, pungkas Pepen Nazarudin.

Program Rumah KAT dari Kemensos RI ini dianggarkan pada tahun ini sekitar 1,4 milyar lebih, dengan nilai setiap rumahnya yakni 32 juta.

Penulis: Matris Salim

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top