Pemusnahan KTP Invalis Sudah Tepat – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Pemusnahan KTP Invalis Sudah Tepat

Republikpos, Gorut – Guna menindaklanjuti Surat Edaran Menteri dalam negeri Nomor 470.13/11176/SJ, tertanggal 13 Desember 2018 tentang penatausahaan KTP-el rusak dan invalid, maka pemerintah daerah Gorontalo Utara melalui Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) memusnahkan sedikitnya 4.767 keping KTP elektronik (KTP-el) dengan cara dibakar di belakang halaman kantor Disdukcapil Kabupaten Gorontalo Utara, Senin (17/12) kemarin, pukul 11.00 wita.

Pemusnahan KTP-el ini turut disaksikan langsung Wakil Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu, Wakil Ketua DPRD Gorut Djafar Ismail, Kepala Disdukcapil Kardiat Tomayahu, Satpol PP, dan sejumlah awak media serta warga setempat yang menyaksikan langsung kegiatan pemusnahan tersebut.

Ribuan keping e-KTP invalid ini, kata djafar sengaja dimusnahkan untuk menghindari penyalahgunaan KTP oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Tentu sesuai arahan dan surat Edaran Mendagri, KTP yang rusak, invalid dan KTP ganda yang dikumpulkan sejak program KTP elektronik ini diterapkan hingga saat ini harus dimusnahkan. Agar tidak disalahgunakan pemanfaatannya nanti,” terang Djafar.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini juga berharap, dengan dimusnahkannya ribuan KTp el yang invalid tersebut, dapat meminimalisir adanya kecurangan pada saat pemilihan.

“Pada dasarnya surat yang telah diedarkan oleh Kemendagri RI sudah sepatutnya menjadi perhatian khusus oleh seluruh daerah yang ada di Provinsi Gorontalo,” pungkasnya.

Penulis: Matris Salim

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top