Dilantik Gubernur Rusli, Ini Empat Wajah Baru Pejabat Pemprov Gorontalo – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Dilantik Gubernur Rusli, Ini Empat Wajah Baru Pejabat Pemprov Gorontalo

Republikpos, Gorontalo – Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, melantik empat pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo, Senin (17/12/2018). Menariknya, dari empat pejabat yang dilantik sebagai eselon II itu, semuanya merupakan wajah-wajah baru atau promosi dari jabatan sebelumnya di eselon III.

Keempat wajah baru itu di antaranya adalah Wardoyo Pongoliu sebagai Kepala Biro Humas dan Protokol. Dia sebelumnya adalah Sekretaris Kesbangpol. Kemudian ada Sukril Gobel sebagai Kepala Badan Keuangan yang sebelumnya menjabat Kabid Aset pada Badan Keuangan.

Selanjutnya ada nama Sagita Wartabone sebagai Kepala Biro Pengendalian Pembangunan dan Ekonomi (P2E) yang sebelumnya menjadi Kabag Administrasi Biro P2E. Yang terakhir adalah Sila Botutihe yang sebelumnya menjabat Kabid Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata, kini dilantik menjadi Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik.

Dalam pelantikan empat pejabat tinggi pratama itu juga ada kejadian menarik lainnya, yaitu saat Gubernur Rusli mempersilakan Wakil Gubernur Idris Rahim untuk memberikan arahan bagi pejabat yang dilantik.

Selain jarang terjadi dalam acara formal pemerintahan, pemberiaan mandat tersebut menggambarkan harmonisnya hubungan antara gubernur dan wakil gubernur dua periode tersebut.

Wagub Idris mengatakan, pelantikan kali ini menggambarkan bagaimana regenerasi birokrasi di Pemprov Gorontalo berjalan maju. Dirinya menyebut, pejabat eselon II yang dilantik merupakan lapisan 4 dari generasi pertama sejak Provinsi Gorontalo terbentuk.

“Lapisan keempat ini tentunya harus bisa menarik gerbong pemerintahan dan kemasyarakat ini bisa lebih cepat lagi,” kata Idris Rahim.

Mantan Sekda Gorontalo itu berharap, pejabat yang dilantik mempelajari kembali RPJMD 2017-2022 dan RKPD tahunan di instansi masing-masing. Selain itu, menurutnya, para pimpinan juga bisa menjalin dan menjaga kekompakan antara atasan dan bawahannya.

“Ciptakan harmonisasi antara pimpinan dengan bawahan. Harus kita kuasai tugas pokok dan fungsi dari bapak ibu sekalian,” pintanya.

Wagub Idris mengingatkan, tantangan pemerintah dewasa ini semakin berat. Selain kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi, masalah sarana dan prasarana pemerintah juga masih serba terbatas.

Untuk itu, menurut dia, butuh penguasaan data yang akurat serta koordinasi yang intens antara pemerintah provinsi dan kabupaten atau kota.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top