Kominfo Wajibkan OPD Miliki Email Resmi Domain go.id - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Kominfo Wajibkan OPD Miliki Email Resmi Domain go.id

alterntif text

Republikpos, Limboto – Dalam penerapan e-Government atau Pemerintah berbasis elektronik (SPBE) pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menciptakan fasilitas surat eletronik atau email dengan menggunakan domain resmi pemerintah daerah [email protected] Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kominfo Azis Nurhamidin dalam penjelasannya usai menghadiri dialog interaktif di Radio Poliyama 14/12 Kemarin.

Dijelaskan bahwa surat elektronik ini kedepan menjadi persyaratan utama dalam pengembangan E-Goverment, pengiriman dan penerimaan dokumen harus melalui fasilitas resmi yang dijamin keamanannya khusunya yang bersentuhan dengan hal-hal yang bersifat rahasia.

“Email gratisan seperti gmail dan yahoo memang memiliki sistim yang lebih baik, namun servernya berada diluar negeri jadi dokumennya dengan leluasa di buka oleh pemilik server sehingga tidak aman, juga untuk efektifitas pemanfaatan bandwidth internasional kita tidak diperkenankan lagi untuk menggunakan email tersebut”Jelas Azis

Azis menjelaskan surat elektronik yang diciptakan oleh kominfo ini menggunakan nama pimpinan, dan bukan nama OPD dari di tingkat kabupaten hingga kecamatan termasuk Bupati, Sekda dan para Asisten. Hal ini dimaksudkan untuk menunjang penerapan tandatangan elektronik di Kabupaten Gorontalo pada tahun 2019 mendatang.

“Email yang kami buat menggunakan nama dari pimpinan OPD yang menjadi syarat penerapan tanda tangan elektronik bersama pemerintah provinsi, Program ini akan kami awali dengan sosialisasi penerapan tandatangan elektronik yang direncanakan pada bulan Januari mendatang. Untuk pemanfaatan email kami sudah membuat surat pemberitahuan kepada seluruh pimpinan OPD” jelas Azis.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top