Terima Dana Hibah, Pemprov Gorontalo Akan Gunakan untuk Program Pertanian - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Terima Dana Hibah, Pemprov Gorontalo Akan Gunakan untuk Program Pertanian

alterntif text

Republikpos, Jakarta – Pemerintah Provinsi Gorontalo yang diwakili Asisten II Bidang Pembangunan, Sutan Rusdi, menandatangani perjanjian hibah bersama Kementerian Keuangan, dalam rangka peningkatan kualitas pertanian.

Penandatanganan itu merupakan tindak lanjut dari penerimaan hibah program Rural Empowerment and Agricultural Development Scaling-Up Initiative (READSI) yang diselenggarakan di Kementerian Keuangan RI, Rabu (12/12/2018).

Menurut Rusdi, hibah itu akan digunakan oleh Pemprov Gorontalo untuk program sejumlah program pertanian. Di antaranya, menurut dia, penyuluhan pertanian, peningkatan penyuluh, dan sekolah pertanian.

“Targetnya adalah petani miskin yang hanya punya beberapa petak sawah dan ladang, kami beri penyuluhan lewat dana hibah ini agar produksi taninya bisa meningkat dan bisa bertahan dari situasi kemarau panjang ataupun musim hujan yang terus-menerus” katanya.

alterntif text

Sutan Rusdi mengungkapkan, Pemprov Gorontalo sudah menerima hibah tersebut selama empat tahun dengan total dana sebesar Rp5 miliar.

“Jadi kami menerima hibah sekitar Rp1,3 miliar per-tahunnya,” ujarnya.

Rusdi memastikan, pihaknya terus berupaya untuk menyalurkan dana hibah itu secara efektif. Dengan begitu, menurutnya, hasilnya juga akan baik bagi pertumbuhan ekonomi di Gorontalo.

“Karena dana kan dari provinsi awalnya yang akan diganti oleh pusat, dan kalau dananya efektif hasilnya juga efektif, petani-petani kecil dapat bertahan dan itu menumbuhkan ekonomi Gorontalo yang masih tergolong rendah,” paparnya.

Penulis: Larasati Widya

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top