Optimalkan UMKM, Bappeda Provinsi Gorontalo Gelar Pameran dan Temu Bisnis – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Optimalkan UMKM, Bappeda Provinsi Gorontalo Gelar Pameran dan Temu Bisnis

Republikpos, Jakarta – Untuk lebih mengoptimalkan sektor usaha mikro kecil dan menengah, Bappeda Provinsi Gorontalo mengadakan Pameran dan Temu Bisnis Produk Unggulan UMKM, Rabu (12/12) di Gedung SMESCO Jakarta.

Kegiatan dihadiri sekitara 30 pengusaha UMKM yang khusus didatangkan dari Gorontalo untuk mengikuti pameran ini.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan ekspansi bisnis dan pemberdayaan UMKM, mengingat sektor UMKM adalah salah satu penopang ekonomi masyarakat menengah dan sebagai ajang melestarikan kerajinan dan kuliner daerah.

Dalam pameran ini juga, Bappeda Gorontalo bekerja sama dengan NSLIC (National Support for Local Investment Climate) untuk membuka jalan bagi investor mengadakan kerja sama dengan pengusaha UMKM Gorontalo.

“Kami di sini hanya memfasilitasi dan membuka jalan bagi investor baik domestik dan luar untuk melakukan kerja sama bisnis produk UMKM, karena banyak produk UMKM Gorontalo sangat menarik dan berpotensi punya pasar yang lebih luas luas lagi” ujar Rino Sa’da Noer selaku Project Director NSLIC.

Sementara itu, Kepala Bappeda Gorontalo Budiyanto Sidiki juga mengungkapkan salah satu produk unggulan UMKM Gorontalo yang banyak dilirik adalah minyak kelapa dan jagung.

“Jagung kan sudah merupakan ikon dari Gorontalo yang memang sudah punya pasar luas, selain itu kami juga ingin mengembangkan potensi hasil kelapa berupa kopra dan minyak kelapa. Jadi kita tidak menjual mentah tapi sudah yang diolah sehingga nilai jualnya lebih tinggi dan bisa membantu UMKM agar bisa bertahan dari berbagai krisis,” ungkapnya.

Acara ini juga turut dihadiri oleh Kepala Biro Humas Rifly Katili dan Kepala Biro Pengadaan Aris Ardianto.

 

Penulis: Larasati Widya

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top