Kunjungi Lokasi Banjir, Ketua Komisi III Dekab Soroti Kondisi Tanggul - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Kunjungi Lokasi Banjir, Ketua Komisi III Dekab Soroti Kondisi Tanggul

alterntif text

Kronologi, Limboto – Ketua Komisi III DPRD Ali Polapa mendatangi langsung lokasi banjir yang melanda Kecamatan Dungalio. Kedatang legislatif PDI Perjuangan ini untuk melihat langsung kondisi masyarakat yang terkena dampak luapan Sungai Pilolalenga tersebut.

“Penyebab banjir adalah kondisi tanggul yang belum maksimal, ada sekitar 20 meter yang belum dikerjakan. Sehingga pada saat volume air sungai naik, masuk ke pemukiman warga.” ujar Ali.

Selain itu kata ali, apa yang menjadi kekhawatiran dirinya saat melakukan peninjauan di lokasi tambang pasir bersama sejumlah anggota Komisi III DPRD Kabupaten Gorontalo bersama dengan Balai Wilayah Sungai Sulawesi II (BWS), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Dinas Lingkungan Hidup pada, selasa (6/11) akhirnya terjadi.

“Dari awal telah saya peringatkan, bahkan dari pengamatan Tim Rekomendasi Teknis (Rekomtek) Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi II ditemukan ada pada perubahan pada posisi tanggul. Hal ini diduga disebabkan oleh aktivitas penambangan pasir. Sekarang jelas terjawab, banyak yang menjadi korban dampak penggerusakan lingkungan itu,” Ungkap Ali kepada sejumlah awak media, minggu (9/12/2018).

Menurutnya, bukan hanya tambang pasir saja yang memberikan kontribusi kerusakan bagi lingkungan di kecamatan dungalio. Pembabatan hutan ditingkat hulu juga salah satu faktor penyebabnya. Sehingga terjadi pengikisan gunung oleh hujan, yang menjadikan banjir terjadi.

“Saya berharap, apa yang terjadi hari ini menjadi perhatian dan pelajaran bersama. Kerusakan lingkungan telah banyak mengakibatkan musibah, dan banyak menelan korban. Memang musibah tak bisa dihindari, tapi upaya pencegahan juga harus.” Tandasnya.

 

Penulis: Even Makanoneng

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top