Ketua Dekab: Pencegahan Korupsi Berawal dari Diri Sendiri – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Ketua Dekab: Pencegahan Korupsi Berawal dari Diri Sendiri

Republikpos, Limboto – Upaya pencegahan korupsi dalam bentuk apapun di republik indonesia harus terus dilakukan. Bukan hanya sebatas ucapan atau ceremoni semata, tapi benar-benar melekat pada diri sendiri. Hal itu diungkapkan Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo Sahmid Hemu dalam memperingati hari anti korupsi Se-Dunia, Minggu 9 Desember 2018.

Sahmid mengatakan, meskipun Komisi Pemberantasan Korupsi mengatakan jika di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) punya uang ketukan palu dan lainnya namun tak berlaku di DPRD Kabupaten Gorontalo.

“Komitmen DPRD jelas, jika Kabupaten Gorontalo tak pernah ada dan tak pernah terjadi hal seperti itu. Zaman dulu saja saat sistem pembayaran tunai tak pernah ada kejadian seperti itu, apalagi pada saat ini sistem pembayaran yang diberlakukan sudah melalui non tunai semuanya, sehingga hal itu tak pernah ada,” tegas Sahmid.

Politisi dua periode ini melanjutkan, untuk uang pokok pikiran pun dirinya mengaku baru mendengarnya, karena antara pihak eksekutif dan legislatife Kabupaten Gorontalo diakui memang ada pokok-pokok pikiran yang nantinya akan menjadi renja tetapi tak ada menggunakan uang atau apa, karena pokok pikiran merupakan hasil reses dari seluruh anggota DPRD yang disampaikan kepada pemerintah untuk menjadi masukan dan acuan program serta pembuatan rencana kerja di masing-masing OPD.

“Biasanya pokok pikiran ini melalui Bappeda, dimana pokok pikiran ini dirumuskan bersama dan oleh Bappeda ini menjadi reverensi atau bahan serta rujukan program pemerintah daerah kedepannya serta menjadi acuan OPD untuk membuat Renja dan sampai saat ini tak ada ya g bernilai uang apalagi diuangkan,” tutup Sahmid.

Penulis: Even Makanoneng

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top