Peringati Hari Anti Korupsi, Pemkab Gorontalo Gelar Lomba Pidato Antar Kades – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Peringati Hari Anti Korupsi, Pemkab Gorontalo Gelar Lomba Pidato Antar Kades

Republikpos, Limboto – Demi menciptakan pemerintahan yang bersih serta menekan angka korupsi ditingkat Desa. Pemerintah Daerah dan Kejaksaan Tinggi Negeri menggelar Lomba Pidato Kepala Desa dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi se-Dunia.

Kegiatan yang digelar di Gedung Kasmat Lahay, Kamis (6/12/2018) ini mengangkat tema Pencegahan Tindak Pidana Korupsi Pengelolaan Dana Desa.

Dalam sambutanya Bupati Gorontalo melalui Asisten III, Hen Restu mengatakan, korupsi bukanlah masalah bagi lembaga kepolisian, kejaksaan, KPK, LSM dan orang-orang yang bergerak dalam bidang hukum saja. Tetapi korupsi adalah masalah bangsa yang merupakan tanggung jawab setiap orang dalam melakukan pencegahan, minimal untuk dirinya sendiri.

“Untuk mengubah mindset publik yang menyatakan bahwa korupsi sudah membudaya dan sulit untuk dihapuskan, maka penting untuk mengetahui ilmu tentang perlawanan korupsi. Dari tahu, kita akan menjadi sadar, dari sadar akan menjadi kebiasaan dan dari kebiasaan akan menjadi karakter.” ujar Hen.

Menurut Hen, dalam pemberantasan korupsi, ada tiga hal yang perlu dilakukan yaitu, pencegahan, pengawasan, dan penindakan. Dari ketiga hal tersebut, upaya yang paling murah tetapi diharapkan akan memberikan hasil paling baik adalah pencegahan.

“Apabila korupsi dapat dicegah sejak awal, maka tidak akan perlu ada kerugian negara yang terjadi, tidak perlu ada penyelidikan dan penyidikan perkara korupsi, dan tidak perlu ada pengadilan perkara korupsi.” Ungkap hen dalam sambutannya

Untuk itu dirinya berharap melalui pelaksanaan kegiatan Lomba Pidato tersebut, bukan hanya melatih kepercayaan diri tapi juga menambah pengetahuan para Kepala Desa tentang Pencegahan Tindak Pidana Korupsi dalam mengelola dana desa. Bukan hanya itu dia juga berpesan, yang paling baik adalah menumbuhkan sikap anti korupsi dalam diri masing-masing individu.

Penulis: Even Makanoneng

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top