Reses Anggota DPR Menuai Banyak Aspirasi – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Reses Anggota DPR Menuai Banyak Aspirasi

alterntif text

Republikpos, Limboto – Masalah muara di kawasan Tumbuo, Kelurahan Tenilo diadukan para petani kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Mereka mengharapkan diberikan solusi agar petani diwilayah itu bisa mengolah lahan pertaniannya dengan baik.

“Muara diwilayah kami telah tersumbat dari tahun 2013, di tahun 2014 diikuti tanggul yang jebol karena derasnya air sungai. Sampai hari ini belum diperbaiki. Pertanyaan saya, sekarang sudah tahun berapa? Tanya Ahmad Lateka dalam kunjungan reses sejumlah legislatif itu, selasa (4/12/2018).

Ahmad mengungkapkan, bahwa dia juga pernah diminta Kepala Kelurahan untuk menandatangi surat penolakan pekerjaan tanggul dekat muara yang tersumbat. “Jelas saya menolak pak, karena dalam isi pernyataan tidak dituangkan alasan mengapa harus ada penolakan pekerjaan. Hanya saja, kami petani di wilayah tumbuo ini menginginkan ada pengerukan muara terlebih dahulu. Agar supaya pekerjaan tanggulnya tidak sia-sia.” Jelasnya

Reses oleh anggota legislatif daerah pemilihan Limboto-Limboto Barat yakni, Jayusdi Rifai, Iskandas Mangopa, Asni Menu, Olma Rahman, Ningsi Nurhamidin, Adnan Entengo dan Jasmia Sulem tersebut akan ditindak lanjuti dengan akan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) menghadirkan seluruh pihak terkait.

“Jelas akan ditindak lanjuti aspirasi ini, demi memenuhi hak-hak masyarakat yang belum terealisasi.” ungkap Jayusdi Rivai

Selain itu, pertemuan dengan petani ini juga menemukan masalah lain, yaitu soal infrastruktur. Akses utama petani untuk melintasi hasil dari pertaniannya sulit dilewati.

“Terungkap, jika hujan turun medan diwilayah itu susah untuk dilewati para petani,” Tambah Asni Menu

Selain sejumlah aspirasi itu, para petani ini juga merindukan sosok kedahiran Bupati Gorontalo diwilayah mereka.

“Sebelumnya wilayah tumbuo yang berpotensi komoditas hortikultura hanya pernah dikunjungi Bupati Achmad Pakaya, itupun pada tahun 2002. Harapan mereka (petani) Bupati yang menjabat sekarang juga bisa melakukan kunjungan yang sama.” Tutup Iskandar Mangopa.

Penulis: Even Makanoneng

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top